Wouw! Tumpukan 260 Layer Cake Ukuran Jumbo Ini Pecahkan Rekor Dunia

Dewi Anggraini - detikFood Minggu, 23 Sep 2018 14:51 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Cake lapis jumbo ini berhasil pecahkan rekor Guinness World Records. Ini karena terdapat ratusan lembar cake yang ditumpuk di dalamnya.

Pada 14 September lalu, perusahaan perisa makanan Amerika Serikat, The Watkins Company membuat layer cake atau cake berlapis ukuran jumbo. Kue tersebut dibuat untuk merayakan ulang tahun perusahaan ke 150. Lebih dari 1000 orang berkumpul di Winona, Minnesota.

Wouw! Tumpukan 260 Cake Ukuran Jumbo Ini Pecahkan Rekor DuniaFoto: Istimewa

Perusahaan itu membuat layer cake yang berisi tumpukan 260 lembar cake. Untuk membuat lembaran cake sebanyak itu, dibutuhkan sebanyak 900 butir telur,217.7 kg gula, 58.9 kg tepung, 46.2 kg shortening, 21.7 kg butter yang dipadu dengan minyak, susu, air, garam serta 3.1 kg perisa vanilla merek Watkins. Tak hanya dibuat oleh satu atau dua orang, tapi layer cake ini dibuat oleh 11 pembuat layer cake profesional.

Proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama. Dilansir The Daily Meal (21/9), dibutuhkan waktu selama 145 jam untuk membuat ratusan lembar layer cake tersebut. Tinggi tumpukan lembaran cake itu mencapai 73 inci dan memiliki berat sebesar 1.250 pound.

Dengan demikian, layer cake ini berhasil memecahkan Guinness World Records dan didapuk sebagai layer cake terbesar di dunia. Ini dikarenakam layer cake milik Watkins berhasil mengalahkan layer cake berlapisan cake terbanyak yang dibuat dari tumpukan 230 lembar cake beberapa tahun yang lalu.

"Untuk mengalahkan rekor sebelumnya, cake ini harus benar benar tak berstruktur dan harus bisa berdiri tegap selama 60 detik," jelas pihak Watkins.

Menurut pihak Guinness World Records, cukup sulit mengalahkan rekor makanan berukuran besar. Terlebih layer cake. Ini dikarenakan ada banyak elemen yang harus dipenuhi agar tumpukan cake itu berdiri dengan tegap. Jika salah, layer cake itu akan mudah roboh.

"Tak hanya mencemaskan soal keseimbangan dan berat (layer cake), tapi soal suhu udara yang panas juga bisa mempengaruhi bentuk kue," ungkap Christina Flounders Conlon selaku juri resmi Guinness World Records.

Baca juga: 5 Rekor Makanan Spektakuler Ini Diakui Guinness World Records (dwa/odi)