Waduh! Telur Mentah Palsu di Bento Jepang Ini Bikin Geger Netizen

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 16 Jan 2020 19:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Telur mentah palsu disebut-sebut ada pada produk bento khas Jepang. Netizen pun geger karena melihat tekstur telur itu tak seperti telur sungguhan.

Seperti dilansir dari Sora News (15/1), seorang wanita dengan akun Twitter @coco_tsw menggunggah foto bento atau makanan dalamkotak bertopping telur yang ia klaim palsu. Ia membeli paket bento tersebut di salah satu minimarket terkenal Jepang.

Bento yang ia beli adalah semangkuk pasta carbonara dengan kuning telur mentah di tengahnya. Merasa aneh dengan telur yang ada, wanita itu membandingkannya secara langsung.

Waduh! Telur Mentah Palsu di Bento Jepang Ini Bikin Geger NetizenFoto: Istimewa

Ia meletakkan kuning telur yang ada paket bento di atas wajan bersama kuning telur ayam lainnya sebagai pembanding. Saat api dinyalakan, seharusnya kuning telur ayam itu akan mengeras seperti gambar di sisi kanan, namun telur ayam yang terdapat pada paket bento tersebut malah mencair.

Ia terkejut dan akhirnya mengunggah penemuan ini ke Twitter. Keterangannya disertai anjuran lebih baik tidak mengonsumsi makanan tersebut, karena Anda tidak mengetahui secara pasti kuning telur mentah tersebut terbuat dari bahan apa.

Baca Juga: Persis Asli! Vegan Ini Bagikan Resep 'Telur Ceplok' Berbahan Labu dan Tepung Beras

Ada banyak netizen terkejut dan tidak mengetahui tentang asal usul telur ini pada awalnya. Namun ada juga yang menjelaskan tentang telur pada hidangan bento pasta carbonara tersebut.

Menurut beberapa netizen, telur mentah palsu itu diproduksi perusahaan Jepang bernama Kewpie. Alasannya karena banyak permintaan dari produsen makanan yang menginginkan makanan mereka berisi telur mentah, namun tetap sehat.

Waduh! Telur Mentah Palsu di Bento Jepang Ini Bikin Geger NetizenFoto: Istimewa

Telur mentah palsu tersebut pun proses pembuatannya tidak begitu mudah. Kewpie butuh waktu hampir 10 tahun untuk mendapatkan tampilan yang serupa kuning telur ayam asli.

Saat dipanaskan telur ini akan mencair. Hal ini sengaja dirancang oleh Kewpie agar ketika dipanaskan kuning telur mentah berubah menjadi saus nikmat ketika disantap bersama bento. Dalam keadaan dingin pun telur mentah tersebut dapat dimakan.

Waduh! Telur Mentah Palsu di Bento Jepang Ini Bikin Geger NetizenFoto: Istimewa

Telur mentah palsu ini kabarnya dibuat dari dekstrin, sirup glukosa, minyak sayur, gelatin, garam, agar, protein putih telur, trehalosa, polisakarida, asam amino, zat penyesuai PH, dan pewarnaan karotenoid. Beragam bahan ini mampu menghasilkan kuning telur yang mirip dengan aslinya.

Telur mentah palsu juga pernah ada di Los Angeles. Bedanya telur buatan ini dibuat dengan sejumlah bahan alami karena dibuat untuk para pelaku diet vegan. Telur buatan tersebut dapat ditemukan di salah satu restoran vegan bernama Crossroads Kitchen.

Baca Juga: Persis Aslinya, 'Kuning Telur' Vegan Ini Dibuat dari Tomat Kuning

Simak Video "Nyam! Kreasikan Isi Burgermu Sendiri di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)