Persis Asli! Vegan Ini Bagikan Resep 'Telur Ceplok' Berbahan Labu dan Tepung Beras

Devi Setya - detikFood Selasa, 22 Jan 2019 11:28 WIB
Foto: Instagram
Jakarta - Orang yang memilih pola makan vegetarian pastinya menghindari makanan hewani termasuk produk turunannya. Tapi mereka tetap bisa makan telur yang satu ini.

Dikabarkan Metro (22/1) seorang ahli diet dan blogger asal Australia, Ellie Bullen membuat telur yang bisa dimakan para vegan. Tampilan telur ini memang sangat mirip tapi semuanya terbuat dari bahan nabati.
Persis Asli! Vegan Ini Bagikan Resep 'Telur Ceplok' Berbahan Labu dan Tepung BerasFoto: Instagram

Baca juga : 'Steak' Vegan Pertama di Dunia Ini Rasanya Diklaim Persis Daging Asli

Telur nabati ini terbuat dari bahan dasar labu parang. Dengan tambahan sedikit garam hitam, telur vegan ini diakui memiliki rasa yang mirip dengan telur asli.

Ia juga membagikan resep dan cara membuat telur nabati ini.

Bahan
170 gr labu kuning
1 sdm ragi
2 sdm tepung jagung
2 sdm air
2 sdm minyak zaitun
1/4 sdt lada hitam
1/4 sdt garam Himalaya
1/4 sdt garam hitam

Bahan putih telur
1/4 cup tepung beras
1/4 cup santan
1 sdt air
Sejumput garam
Persis Asli! Vegan Ini Bagikan Resep 'Telur Ceplok' Berbahan Labu dan Tepung BerasFoto: Instagram

Untuk membuatnya, Ellie menjelaskan secara rinci langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat telur ceplok nabati ini.

Pertama, rebus labu parang hingga lunak lalu campur semua bahan dalam blender. Proses hingga menjadi pasta kental yang lembut.

Sementara untuk membuat bagian putih telurnya, Ellie menyarankan untuk mencampur semua bahan putih telur. Proses hingga menjadi adonan yang kental juga. Jika bagian putih dan kuning telur siap, saatnya memasak.

Siapkan wajan datar yang sudah diberi minyak. Tuang satu sendok sayur bagian putih telur. Biarkan hingga adonan melebar dan masak selama 10 detik. Kemudian tuang satu sendok makan bagian kuning telur di atas putih telur.

Jika keduanya sudah dituang, maka masak telur di atas wajan hingga matang. Setidaknya dibutuhkan waktu 30 detik untuk membuatnya matang sempurna.
Persis Asli! Vegan Ini Bagikan Resep 'Telur Ceplok' Berbahan Labu dan Tepung BerasFoto: Instagram

Baca juga : Jadi Vegetarian Selama 30 Tahun, Wanita Ini Terancam Lumpuh

Setelah matang, telur nabati ini bisa langsung disantap. Ellie menyarankan untuk menyajikan telur bersama sepotong roti panggang dan alpukat cincang.

Di Instagram, Elie sudah mengunggah beberapa foto dan video terkait telur nabati buatannya ini. Dari satu foto ia bahkan mendapatkan lebih dari 17 ribu likes dari netizen. (dvs/adr)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya