Jadi Vegetarian Selama 30 Tahun, Wanita Ini Terancam Lumpuh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 11 Apr 2018 12:00 WIB
Foto: iStock
Wuhan - Pola makan vegetarian menjanjikan banyak manfaat kesehatan. Tapi seorang wanita di China berisiko lumpuh setelah jadi vegetarian selama lebih dari 30 tahun.

Dilaporkan World of Buzz (11/4), seorang wanita berusia sekitar 50 tahun di Wuhan, China, hadapi risiko lumpuh karena mengonsumsi sayur-sayuran saja selama 30 tahun terakhir.

Dulunya wanita ini khawatir gemuk di usia sekitar 20 tahun. Dengan tinggi sekitar 160 cm, berat badannya 55 kg kala itu. Ia lalu memutuskan jadi vegetarian untuk mengurangi berat badan.

Jadi Vegetarian Selama 30 Tahun, Wanita Ini Terancam LumpuhFoto: iStock

Baca Juga: Mau Jadi Vegetarian? Ini 9 Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan

Hasilnya ia berhasil mempertahankan berat badan di kisaran 45 kg. "Saya tidak makan daging dan makanan berminyak. Hasilnya berat badan saya menjadi 45 kg dan saya sudah mempertahankan pola makan ini selama 30 tahun," tutur si wanita.

Namun baru-baru ini ia merasakan efek samping. "Saya merasa kaki saya tidak menapak saat jalan, rasanya seperti menginjak kapas. Ditambah lagi, kedua kaki dan tangan saya sering mati rasa," ujar sosok yang disebut Tan ini.

Khawatir dengan kondisinya, Tan menjalani pemeriksaan di rumah sakit. Secara mengejutkan, dokter mengatakan neuron tulang belakang Tan rusak pada berbagai tingkat. Kondisi ini biasanya terjadi pada pasien diabetes atau kekurangan gizi.

Jadi Vegetarian Selama 30 Tahun, Wanita Ini Terancam LumpuhFoto: Istimewa

Pemeriksaan lebih lanjut menemukan Tan juga alami kekurangan vitamin B12 yang berperan penting untuk memperbaiki neuron. Jumlah vitamin B12 di tubuhnya hanya 10 persen dari rata-rata kebanyakan orang.

Menurut neurolog di rumah sakit tempat Tan dirawat , vitamin B12 bantu melindungi dan mendukung pertumbuhan neuron di tubuh seseorang. Setiap makanan mengandung vitamin B12 berbeda dengan persentase tertinggi ditemukan pada daging.

Karenanya vegetarian seperti Tan rentang alami defisiensi vitamin B12. Jika neuron rusak parah akibat kekurangan vitamin B12, penderita mungkin tak bisa berjalan dan harus tidur di tempat tidur. Selain itu, ototnya akan menyusut pada kasus-kasus tertentu.

Mengenai diet vegetarian untuk turunkan berat badan, dokter menyarankan tidak mempraktekannya dalam jangka waktu lama. Para vegetarian juga disarankan mengonsumsi vitamin B12 mengingat mereka tidak makan daging dan produk susu.

Baca Juga: Dibanding Pemakan Daging, Para Vegetarian Ternyata Tak Lebih Bahagia

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com