Mau Jadi Vegetarian? Ini 9 Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan

Nailatul Fadhillah - detikFood Rabu, 04 Okt 2017 14:40 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kini makin banyak orang yang jadi vegetarian. Mereka hanya mengonsumsi buah dan sayur sehari-hari. Jika ingin menjalaninya, coba pertimbangkan 9 hal ini dulu.

Mengurangi konsumsi daging merah dan beralih pada makanan berbasis nabati kini semakin banyak dilakukan orang. Hal ini dianggap bisa membuat tubuh lebih sehat dan lebih baik untuk lingkungan. Metro.co.uk (1/10) telah merangkum 9 hal yang perlu Anda tahu jika ingin ikut beralih menjadi seorang vegetarian.

1. Rencanakan menu
Rencanakan semua menu makan Anda dan buatlah daftar bahan-bahan yang harus dibeli. Bagi pemula, membuat menu vegetarian mungkin akan terasa rumit di awal, tapi Anda bisa melihat banyak ide resep vegetarian di Pinterest hingga Instagram. Banyak resep vegetarian praktis yang bisa diikuti untuk pemula.

Mau Jadi Vegetarian? Ini 9 Hal yang Perlu Anda PertimbangkanFoto: iStock

2. Minta bantuan
Cari tahu mengenai segala hal yang menyangkut vegetarian. Anda bisa bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman atau bahkan bisa bergabung dengan komunitas atau organisasi yang seluruh anggotanya adalah vegetarian.

3. Siap hadapi pertanyaan
Bersiaplah menjawab pertanyaan membosankan seputar makanan saat Anda memutuskan jadi vegetarian. Banyak orang akan mempertanyakan asupan protein maupun zat besi Anda. Solusinya, Anda bisa menjelaskan makanan yang memang bisa memenuhi asupan keduanya seperti kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Mau Jadi Vegetarian? Ini 9 Hal yang Perlu Anda PertimbangkanFoto: Istimewa

4. Makan di restoran
Makan di restoran vegetarian bisa jadi pertimbangan. Di sini Anda bisa mencicip banyak makanan enak yang seluruh bahan-bahannya nabati. Pilihan lainnya, datangi restoran-restoran yang punya banyak pilihan menu salad.

5. Pilih asupan makanan
Mengganti daging dan ikan dengan produk susu dan telur saja tidak cukup. Cobalah untuk menyukai kacang-kacangan dan tahu. Keduanya merupakan sumber protein dan nutrisi yang lezat dan bergizi. Bila perlu, konsumsi suplemen atau vitamin tertentu.

Baca juga: Rasanya Tak Selalu Hambar, Makanan Vegan Juga Diolah dengan Rasa Enak

6. Tambahkan bumbu dan rempah
Menambahkan cabai, tomat kering, miso, minyak zaitun, rempah-rempah dan kacang pinus bisa jadi pilihan untuk memperkuat rasa makanan Anda.

Mau Jadi Vegetarian? Ini 9 Hal yang Perlu Anda PertimbangkanFoto: iStock

7. Cari makanan alternatif
Saat memulai perjalanan sebagai vegetarian, Anda bisa mengganti daging dengan sosis, bacon, ayam dan fish fingers imitasi khusus vegetarian. Semuanya dibuat tanpa daging dan tentu saja menggunakan bahan nabati.

8. Terbuka pada makanan baru
Dalam dunia vegetarian Anda mungkin akan menemukan hidangan, rasa dan bahan dari berbagai belahan dunia yang mungkin akan disukai.

9. Cicip makanan vegetarian saat liburan
Ketika liburan, pastikan mencari tahu terlebih dahulu makanan setempat. Mungkin saja ada hidangan khusus vegetarian yang bisa Anda coba.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com