Persis Aslinya, 'Kuning Telur' Vegan Ini Dibuat dari Tomat Kuning

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 07 Jan 2020 06:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Kuning telur ini tidak didapat dari ayam, melainkan dari tomat kuning. Tampilannya persis kuning telur asli sehingga bisa jadi alternatif untuk kaum vegan.

Para vegan hanya mengonsumsi bahan makanan yang berasal dari tumbuhan seperti sayur dan buah-buahan. Produk hewani dan turunannya seperti daging, produk susu, dan bahan makanan lain yang tidak terbuat dari tanaman tidak dapat dikonsumsi kaum vegan.

Namun vegan yang tinggal di di Los Angeles, Amerika Serikat tak perlu kesulitan mencari makanan vegan yang enak dan tak membosankan. Semuanya disajikan tempat makan bernama Crossroads Kitchen yang menyajikan menu-menu khas diet Mediteranian.

Semuanya berbahan dasar sayur dan buah-buahan, namun tampilannya terlihat menarik karena tidak terlihat seperti makanan untuk vegan pada umumnya yang sangat membosankan.

Persis Aslinya, 'Kuning Telur' Vegan Ini Dibuat dari Tomat KuningFoto: Istimewa

Makanan yang disajikan pada restoran Crossroads Kitchen ini memiliki menu yang beragam, dan terlihat enak untuk dikonsumsi walaupun Anda bukan para pelaku vegan. Bahkan restoran ini menciptakan 'telur' yang terbuat dari bahan buah-buahan.

Baca Juga: 4 Pemanis Alami Ini Cocok Dikonsumsi Para Vegan

Dilansir dari Insider (03/01), kuning telur yang diciptakan sangat mirip telur ayam sungguhan. Warna kuning dan teksturnya pun sekilas tak terlihat jika dibuat dari bahan nabati.

Persis Aslinya, 'Kuning Telur' Vegan Ini Dibuat dari Tomat KuningFoto: Istimewa

Telur ini diciptakan oleh restoran tersebut agar para vegan yang merindukan cita rasa dan tekstur telur yang disajikan pada makanan dapat merasakannya kembali. Telur ini terbuat dari tomat kuning dan garam hitam.

Tomat kuning tersebut melalui proses perebusan terlebih dahulu, setelah itu dilepaskan dari kulitnya. Tomat kuning rebus tersebut lalu dihaluskan bersama dengan garam hitam untuk menambah cita rasa dari kuning telur buatan.

Persis Aslinya, 'Kuning Telur' Vegan Ini Dibuat dari Tomat KuningFoto: Istimewa

Tomat kuning yang sudah dihaluskan itu lalu dimasukkan ke dalam cairan yang ditaruh di dalam wadah. Olahan tomat kuning tersebut diletakkan satu per satu secara perlahan agar bentuk bulatnya dapat menyerupai kuning telur ayam sungguhan. Dalam video yang dibagikan tersebut, restoran Crossroads Kitchen juga menjelaskan bahwa ada bahan-bahan rahasia lainnya yang tidak dapat dibagikan kepada umum.

Baca Juga: Ketahuan Makan Ikan di Restoran, YouTuber Vegan Ini Minta Maaf

Setelah mengeras dan teksturnya sudah benar-benar menyerupai kuning telur ayam sungguhan, barulah kuning telur buatan tersebut diletakkan di atas makanan. Makanan yang disajikan bersama kuning telur buatan tersebut diantaranya menu pasta, pastry, dan lainnya.

Persis Aslinya, 'Kuning Telur' Vegan Ini Dibuat dari Tomat KuningFoto: Istimewa

Para pelanggan yang menikmati kuning telur buatan tersebut mengaku kalau cita rasanya mirip dengan kuning telur ayam asli. Karena saat diletakkan di atas makanan pun tekstur 'kuning telur' ini menyerupai aslinya. Saat kuning telur buatan tersebut dipecahkan pun akan cair dan creamy.

Simak Video "Cegah COVID-19, Istri TNI di Bengkulu Buat Jamu Tolak Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)