Ketahuan Makan Ikan di Restoran, YouTuber Vegan Ini Minta Maaf

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 19 Mar 2019 12:50 WIB
Foto: Rawvana
Jakarta - Dikenal sebagai penganut raw vegan, YouTuber ini kecewakan penggemarnya. Ia ketahuan sedang menikmati ikan di salah satu restoran.

Dikutip dalam Fox News (19/03) YouTuber sekaligus guru gaya hidup yang mendukung Rawvana, telah menjadi host bagi vlog vegan Spanyol dan Inggris selama 6 tahun terakhir. Menggembar-gemborkan veganisme sebagai obat semua penyakit. Seperti kecanduan alkohol dan kurang tidur benar-benar mengubah hidupnya.

Namun, baru-baru ini YouTuber ini terpaksa membuka rahasia tentang dirinya makan telur dan ikan secara diam-diam. Ia mengaku sudah melakukannya dua bulan lalu karena alasan kesehatan.

Baca juga: New York Terpilih Jadi Kota Terbaik Untuk Vegan di Amerika

Dalam video yang berdurasi 33 menit, Rawvana yang memiliki nama asli Yovana Mendoza Ayres nyatakan permintaan maaf. Wanita berusia 29 tahun ini mengatakan berpuasa air selama 25 hari yang awalnya membuat ia merasa "di puncak dunia".

Ketahuan Makan Ikan di Restoran, YouTuber Vegan Ini Minta MaafFoto: Rawvana

Lalu ia menjelaskan bagaimana dirinya tak menstruasi selama dua tahun. Saat itu ia juga mengungkapkan kalau dirinya menderita anemia dan status kadar hormonnya pra-menopause.

Ayres yang tinggal di San Diego mengklain bahwa ia terus mengalami masalah pencernaan dan didiagnosis menderita SIBO. SIBO (Small intestinal bacterial overgrowth) merupakan pertumbuhan bakteri berlebih pada usus kecil. Dan disarankan dokter untuk mulai konsumsi ikan dan telur ke dalam pola makannya.

"Saya melakukan ini karena cinta diri," katanya tentang diet barunya. "Ini adalah pengalaman pribadi saya. Ini tubuhku. Sesuatu yang saya pelajari bahwa setiap orang berbeda," ungkapnya.

Video yang telah mendapat hampir 130.000 penayangan pada Senin sore ini di dislike (tidak suka) sebanyak 5.800 dibandingkan dengan yang like (suka) 2.400. Netizen pun ikut berkomentar soal video yang diunggah Rawvana.

"Seorang vegan palsu mencuri uang dari komunitas," tulis salah satu netizen.

Ketahuan Makan Ikan di Restoran, YouTuber Vegan Ini Minta MaafFoto: Rawvana

Dan ada juga yang menambahkan,"Menghasilkan uang dari vegan untuk membeli produk hewani. Menjijikan," komentar yang lain.

"Terus terang, autentik, jujur? Kata-kata untuk digunakan ketika Anda telah berbohong dan mendapatkan keuntungan dari veganisme setelah mengonsumsi produk hewani. Bahkan video ini murni didorong untuk memberikan Anda keuntungan finansial, 6 iklan? Terlepas dari alasan Anda mengonsumsi produk hewani, ini bukan alasan untuk menjadi pembohong," tulis YouTuber lain.

Meskipun dihujat banyak netizen, Ayers mengaku beberapa pengikutnya telah menghubunginya dalam pesan pribadi untuk menawarkan dukungan mereka.

Baca juga: Jadi Vegetarian Selama 30 Tahun, Wanita Ini Terancam Lumpuh (lus/odi)