5 Durian Asli Jawa Tengah Ini Bikin Pencinta Durian Ketagihan

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 16 Jan 2020 15:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Musim durian belum usai, pencinta durian pasti masih berburu buah beraroma harum ini. Jangan lewatkan 5 durian asli Jawa Tengah yang bikin ketagihan!

Saat musimnya seperti ini, durian banyak sekali dijual di berbagai tempat. Bahkan di pinggiran jalan pun mudah menemukan penjual durian musiman.

Aromanya yang harum menyengat itu membuat para pencinta durian pasti tergoda untuk mampir dan mencicipi. Durian yang dijual saat ini memiliki beragam jenis, ada yang dari Sumetera, Jawa Tengah, dan ragam jenis lainnya.

Jika bosan dengan durian asal Sumatera, tak ada salahnya untuk mencicipi durian yang asalnya dari Jawa Tengah. Berikut 5 durian asli Jawa Tengah yang tak kalah nikmat dan tentunya membuat ketagihan!

Baca Juga: Musim Durian Tiba, Ini 5 Durian Unggulan Nusantara yang Istimewa

1. Durian Bawor

5 Durian Asli Jawa Tengah Ini Bikin Pencinta Durian KetagihanFoto: Istimewa

Siapa yang tak kenal jenis durian ini? Durian bawor terkenal dengan rasa dan kualitasnya yang istimewa. Selain itu, durian bawor ini juga terkenal dengan harganya yang mahal. Jenis durian ini berasal dari kota Banyumas, Jawa Tengah.

Memiliki ukuran yang cukup besar, rasa durian bawor nikmat karena sangat manis dan sedikit pahit. Diiringi tekstur lembut dan legit, membuat durian asli Jawa Tengah satu ini jadi salah satu durian unggulan di Indonesia. Di pasaran, durian bawor dijual sekitar Rp 1 juta per buah.

2. Durian Candimulyo

5 Durian Asli Jawa Tengah Ini Bikin Pencinta Durian KetagihanFoto: dok.detikFood/Eko Susanto

Durian asli Jawa Tengah selanjutnya berasal dari Magelang. Namanya Durian Candimulyo. Jenis durian ini sangat populer di kalangan warga lokal Magelang, karena setiap tahunnya diadakan festival durian candimulyo.

Durian candimulyo terkenal dengan cita rasa manis, legit dan sedikit pahit. Harganya beragam, dari yang paling murah sekitar Rp. 25.000 hingga yang besar Rp. 150.000. Setiap tahunnya tak hanya warga lokal Magelang, namun warga dari Jogja, Semarang, Solo, Boyolali, bahkan Jakarta juga berburu nikmatnya durian candimulyo.

Baca Juga: Durian Enak dari Candimulyo Ini Wajib Dicicipi Pencinta Durian

3. Durian Mimang

5 Durian Asli Jawa Tengah Ini Bikin Pencinta Durian KetagihanFoto: Instagram @annadytra

Tak hanya terkenal dengan Es Dawet Ayu, Banjarnegara di Jawa Tengah ini juga memiliki jenis durian yang tak kalah nikmat dari jenis durian Indonesia lainnya. Jenisnya adalah Durian Mimang, buah satu ini pun masuk ke dalam durian asli Jawa Tengah.

Durian mimang bahkan pernah menjadi pemenang di salah satu kontes buah unggul Nasional pada tahun 2003. Daging yang tebal dan bijinya yang kecil jadi ciri khas durian mimang. Cita rasa dari durian satu ini pun sangat manis dan legit.

4. Durian Lolong

5 Durian Asli Jawa Tengah Ini Bikin Pencinta Durian KetagihanFoto: Instagram @sekut.nations

Pada tahun 2019 pernah diadakan Festival Durian di kota Pekalongan, Jawa Tengah. Jenis durian yang ada pada festival tersebut bernama durian lolong. Jenis itu pun jadi salah satu durian asli Jawa Tengah yang pastinya akan membuat para pecinta durian ketagihan.

Durian lolong memiliki karakteristik ukuran buah yang besar dan kulit berdurinya berwarna hijau cenderung kuning. Dinamakan durian lolong karena jenis durian satu ini ditanam di Desa Lolong, Pekalongan.

5. Durian Brongkol

5 Durian Asli Jawa Tengah Ini Bikin Pencinta Durian KetagihanFoto: Instagram @albidaily

Semarang juga punya durian dengan cita rasa manis dan legit, namanya Durian Brongkol. Dinamai durian brongkol, karena buah berduri satu ini banyak sekali dijumpai di Desa Brongkol, Semarang, Jawa Tengah.

Durian asli Jawa Tengah ini memiliki ukuran yang kecil namun isinya sangat penuh. Daging durian brongkol ini tebal, rasanya manis, dan sedikit pahit. Pencinta durian wajib coba durian asli Jawa Tengah ini.

Baca Juga: Ini 5 Durian Termahal di Dunia, Harganya Ada yang Setara Mobil Mewah!

Simak Video "Menikmati Dessert Durian Berbalut Emas 24 Karat, Mau?"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)