Durian Enak dari Candimulyo Ini Wajib Dicicipi Pencinta Durian

Eko Susanto - detikFood Rabu, 15 Jan 2020 12:30 WIB
Foto: dok.detikFood/Eko Susanto
FOKUS BERITA Durian Enak
Magelang - Musim durian telah tiba, kendati saat ini belum memasuki panen raya. Di Candimulyo ada durian istimewa yang rasanya legit dengan semburat pahit.

Durian Candimulyo, Kabupaten Magelang ini, telah terkenal bagi para pecinta durian. Terlebih di wilayah ini, setiap memasuki musim panen raya diadakan festival durian. Semua durian unggulan dari daerah ini bisa dinikmati.
Durian Enak dari Candimulyo Ini Wajib Dicicipi Pencinta Durian Foto: dok.detikFood/Eko Susanto

Adapun saat ini telah memasuki musim panen durian. Kendati belum memasuki panen raya tetapi pencinta durian sudah mulai mencari durian spesial. Di kalangan pecinta durian, lokasi Candimulyo ini menjadi rujukan orang berburu durian enak.

Selain dari sekitar Magelang sendiri, pembeli durian Candimulyo datang dari berbagai kota seperti Jogja, Semarang, Solo, Boyolali hingga Jakarta. Keramaian terlihat di sejumlah pedagang pada akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu.
Durian Enak dari Candimulyo Ini Wajib Dicicipi Pencinta Durian Foto: dok.detikFood/Eko Susanto

"Ini durian lokal Candimulyo. Untuk harga beragam mulai dari Rp25.000 sampai yang besar Rp150.000," kata Narti (45), salah satu penjual durian saat ditemui di Kampung Durian, Dusun Mantenan, Desa Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya pembeli biasanya datang dari Semarang, Jogja, Solo hingga Jakarta. Untuk hari biasanya stok sekitar 200 buah, kemudian pada akhir pekan stoknya ditambah jadi 500 sampai 600 buah.

"Para pembeli tahunya secara getok tular. Ramainya kalau Sabtu dan Minggu, stok 500 sampai 600 buah," ujarnya.
Durian Enak dari Candimulyo Ini Wajib Dicicipi Pencinta Durian Foto: dok.detikFood/Eko Susanto

Salah satu pembeli, Wisnu Wardana (69), warga Nogotirto, Kabupaten Sleman, DIY, mengaku, setiap musim panen selalu datang ke Candimulyo.

"Setiap tahun datang kesini sekadar tombo kepengen. Durian sini rasanya manis, legit, terus ada pahitnya juga," ujarnya.

Hal senada disampaikan pembeli lainnya, Ahmad dari Boyolali. Menurutnya, durian produk lokal Candimulyo dagingnya ada yang tebal dan tipis.

"Rasanya manis, legit dan ada pahitnya. Terus dagingnya lumayan tebal, enak sekali," kata dia.








Simak Video "Ragam Olahan Durian: Gulai Durian Mengkal hingga Bakso Durian"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Durian Enak