Petani Ini Rugi Rp 576 Juta karena Tetangganya Menjarah 500 Ton Lobak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 15 Jan 2020 16:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Dua petani ini membolehkan tetangganya ambil lobak yang baru dipanen. Mereka tak menyangka kalau hasil panen yang diambil nilainya mencapai Rp 575 juta!

Dikutip dari Oddity Central (15/1), dua petani itu berada di provinsi Hubei, China. Salah satunya bernama Xu Jiuge yang bersama pasangannya merugi besar akibat panen bulan lalu. Awalnya mereka membolehkan tetangga untuk mengambil beberapa hasil panen lobak.

Lobak tersebut diberi Xu untuk konsumsi di rumah, apalagi beberapa tetangga memuji lobak yang mereka hasilkan. Katanya lobak itu pasti enak untuk dijadikan sup musim dingin.

Petani Ini Rugi Rp 576 Juta karena Tetangganya Menjarah 500 Ton LobakFoto: Istimewa

Karena berpikir tetangga mereka sedikit, Xu dan pasangannya membolehkan masing-masing mereka mengambil satu atau dua kantong lobak. Mereka berpikir tindakan mulianya ini tak akan mempengaruhi hasil panen lobak yang beratnya mencapai ratusan ton.

Ternyata, ketika tetangga Xu dipersilakan ke kebun, mereka begitu 'ganas'. Alih-alih hanya mengambil beberapa lobak, mereka seperti kalap menganggap semua lobak bisa diambil gratis. Polisi bahkan tidak bisa menghentikan tindakan brutal tersebut.

Baca Juga: Tradisi Panen di Jepang, Petani Buat Karya Seni Dari Tumpukan Jerami Padi

"Mereka tetangga kami dan kami tidak berpikir ini (membagikan lobak) hal besar jadi kami bilang mereka bisa mengambil beberapa ... tapi saya tidak tahu mengapa ini berkembang jadi rumor kalau semua lobak bisa diambil gratis," ujar Xu pada reporter lokal.

Petani Ini Rugi Rp 576 Juta karena Tetangganya Menjarah 500 Ton LobakFoto: Thinkstock

Sementara penyebar rumor tidak diketahui, yang jelas rumor itu menyebar dengan sangat cepat. Buktinya keesokan harinya kebun Xu didatangi orang-orang tak dikenal. Beberapa diantara mereka rela datang jauh-jauh demi mencapai kebun Xu.

Xu akhirnya meminta bantuan polisi, tapi mereka hanya bisa mengerahkan sedikit anggota. Merekapun tak bisa mengendalikan kerumunan orang-orang.

"Kebanyakan orang datang hari Selasa, dari pukul 7 pagi sampai 10 malam, mereka ada di seluruh kebun," kata Xu. Ia memperkirakan jumlah orang yang datang di hari itu mencapai lebih dari 3.000. Beberapa diantaranya rela menempuh jarak 120 km.

Petani Ini Rugi Rp 576 Juta karena Tetangganya Menjarah 500 Ton LobakFoto: Istimewa

Yang bikin heran, beberapa pengambil lobak menyiarkan langsung aksi mereka memilih lobak di kebun Xu lewat media sosial. Mereka mengajak teman-temannya datang bergabung.

Pada akhirnya Xu pasrah. Ia hanya duduk dan melihat lebih dari 500 ton lobaknya diambil begitu saja di depan matanya. Total kerugian Xu mencapai sekitar USD 42.000 atau Rp 576.382.800.

Xu mengaku tak terlalu kecewa dengan kejadian ini. Kepada reporter ia mengatakan hal ini dianggapnya sebagai sebuah amal dan ia akan terus melanjutkan usahanya. Xu pun tak berniat komplain atau mencari ganti rugi.

Baca Juga: YouTuber Ini Pamerkan Keseruan Panen Apel, Pir hingga Peach Liar



Simak Video "Bikin Laper: Ragam Bakmi Pedas Berpenampilan Memesona"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)