ADVERTISEMENT

Bukan Bangga, Justru Banyak Chef Kembalikan Gelar Bintang Michelin

Devi Setya - detikFood
Rabu, 15 Jan 2020 13:30 WIB
Bukan Bangga, Justru Banyak Chef Kembalikan Gelar Bintang Michelin
Foto: istimewa


5. Ada tekanan untuk menjaga gelar Michelin
Emil Minev, direktur seni kuliner di Le Cordon Bleu London mengatakan setiap chef yang sudah mendapat bintang Michelin pasti akan bersikeras mempertahankan gelarnya. Hal ini tidak mudah dan harus dilakukan secara terus menerus dalam jangka panjang. Kalau chef tidak kuat mental maka akan timbul stres.

"Ketika kamu memiliki tiga bintang Michelin, pada dasarnya kamu berjuang untuk mempertahankan bintang Michelin. Kamu memasak untuk tiga bintang Michelin, kamu menjadi tidak fokus pada pelanggan, karena yang penting adalah bintang Michelin kamu," beber Emil.

Secara sejarah, Michelin Guide diluncurkan pada awal abad ke-20 sebagai direktori atau petunjuk bagi pengendara kendaraan di Prancis. Panduan ini merinci hotel, pom bensin, dan tempat pemberhentian lainnya. Kemudian predikat Bintang Michelin awalnya hanya diberikan ke restoran mewah mulai tahun 1926.

Kini bukan hanya restoran mewah karena pedagang kaki lima juga berhak mendapatkan gelar bintang Michelin. Hingga kini predikat bintang Michelin masih jadi hal yang dianggap bergengsi.


(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT