Inspiratif! Relawan Muslim Ini Bagikan Makanan untuk Petugas Damkar Australia

Riska Fitria - detikFood Senin, 13 Jan 2020 14:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Membantu bencana kebakaran di hutan Australia, sekelompok wanita Muslim ini menempuh perjalanan 4 jam untuk memberikan bantuan makanan kepada petugas pemadam kebakaran.

Kisah menginspirasi datang dari sekelompok wanita Muslim asal Australia. Para wanita Muslim yang tergabung komunitas Australian Islamic Center (AIC) bertekad menjadi relawan atas bencana kebakaran hutan yang terjadi di Australia.

Seperti yang diketahui belakangan ini, bahwa hutan di Australia mengalami kebakaran karena suhu panas yang ekstrem di sana. Untuk mengatasi kebakaran hutan itu, tentunya petugas pemadam kebakaran setempat berjibaku untuk mematikan titik api yang tersebar di hutan tersebut.
Inspiratif! Relawan Muslim Ini Bagikan Makanan untuk Petugas Damkar AustraliaFoto: Istimewa

Oleh karena itu kelompok relawan wanita dari AIC terdorong membantu petugas pemadam kebakaran yang kelelahan dengan memberikan makanan ke lokasi bekas kebakaran. Dilansir dari CNN (7/1) mereka sampai menempuh perjalanan hingga 4 jam lamanya.

Yang mereka bawa bukan merupakan makanan jadi, melainkan persediaan bahan-bahan makanan yang akan mereka masak di lokasi bekas kebakaran. Tak tanggung-tanggung mereka telah menyiapkan bahan-bahan makanan sebanyak 5 truk penuh.

Baca Juga : Inspiratif! Organisasi Ini Berikan Bantuan Berupa MPASI untuk Bayi Korban Banjir

Tak itu, mereka juga mengumpulkan bantuan berupa dana sebesar Rp. 14.193.937 yang dikumpulkan dalam waktu 48 jam saja untuk korban bencana. Dalam aksi sosial itu, mereka juga melakukan perjalanan bersama dengan sukarelawan lain. Selain untuk petugas kebakaran, bantuan itu juga diberikan untuk warga sekitar yang tinggal di lokasi dekat kebakaran.
Inspiratif! Relawan Muslim Ini Bagikan Makanan untuk Petugas Damkar AustraliaFoto: Istimewa

Menurut Rashid Elhouli, PR dari AIC, para relawan tersebut memasak sarapan untuk 150 pertugas pemadam kebakaran. Kebaikan dari relawan itu sangat diapresiasi oleh para petugas pemadam kebakaran.

"Saya baru saja menelepon kapten di sana dan dia hampir menangis ketika saya mengatakan kepadanya apa yang kita bawa untuk mereka hari ini," ujar Rasihd Elhouli.

Lebih lanjut, Elhouli mengatakan bahwa relawan dari AIC telah membuat rencana untuk membantu ini sejak hari Kamis (9/1). Melalui media sosial mereka juga menyampaikan bahwa AIC telah menyediakan bantuan berupa produk kesehatan wanita, botol air, susu, tisu bayi dan buah segar.
Inspiratif! Relawan Muslim Ini Bagikan Makanan untuk Petugas Damkar AustraliaFoto: Istimewa

"Tim kami juga akan menyiapkan masakan untuk para korban. Mereka menyediakan berbagai makanan mulai dari kebab domba, kebab ayam, sosis sapi dan daging cincang," tutur Elhouli.

Hingga pada Sabtu pagi, bantuan tersebut tiba di lokasi bencana. Para relawan mengajak para korban kebakaran hutan dan juga petugas pemadam kebakaran untuk menikmati makanan yang disajikan mereka.

Baca Juga : Keren! Meski Rumahnya Kebanjiran, Wanita Ini Tetap Jadi Relawan di Dapur Umum

Simak Video "Bikin Laper: Keseruan Ncess Nabati dan Angel Karamoy Ngemil Tutut"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com