7 Tips Makan Shabu-shabu Agar Tubuh Lebih Sehat

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 08 Jan 2020 19:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Shabu-shabu memang nikmat, apalagi disantap saat musim hujan seperti saat ini. Namun agar lebih sehat, 7 tips makan shabu-shabu berikut harus diperhatikan ya!

Shabu-shabu merupakan hidangan khas Jepang. Serupa dengan steamboat dari China dimana beragam hidangan mentah direbus dalam kuah kaldu. Hidangan mentah tersebut diantaranya daging, seafood, makanan olahan seperti aneka bakso, crabstick, fishcake, dan sosis. Lalu ada juga mi, jamur, telur, dan beragam sayuran.

Beragam hidangan mentah tersebut harus dimasak sendiri di dalam kuah yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Rasa nikmat dari kuah kaldu yang digunakan di dalam shabu-shabu serta sensasi hangat dari kuahnya dapat digunakan sebagai penghangat tubuh saat musim dingin atau musim penghujan seperti saat ini.

Shabu-shabu paling enak saat disantap beramai-ramai dengan keluarga atau pun teman-teman. Jika ingin menyantap shabu-shabu dengan cara yang sehat, ada beberapa tips makan shabu-shabu yang bisa dicontek.

Dilansir dari Asia One (07/01), menurut Ahli Diet Klinis di Aptima Nutrition and Sports Consultants, Jaclyn Reutens berikut beberapa tips makan shabu-shabu agar tubuh lebih sehat.

Baca Juga: Begini Cara Tepat Nikmati Shabu-shabu Wagyu Australia ala Chef Resto Jepang

1. Jangan banyak mencelupkan ke dalam saus

7 Tips Makan Shabu-shabu Agar Tubuh Lebih SehatFoto: iStock

Untuk tetap sehat saat menyantap shabu-shabu, hal pertama yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu banyak mencelupkan hidangan ke dalam saus yang disediakan untuk menikmatinya. Apalagi ke dalam kecap asin yang memiliki cita rasa asin karena hanya dengan 1 sdm saja dapat meningkatkan asupan natrium yang tinggi sekitar 500 miligram hingga 1.000 miligram. Karena sebagian makanan sudah memiliki rasa asin secara alami.

2. Hindari penggunaan terlalu banyak makanan olahan

Terlalu banyak menggunakan makanan olahan juga harus diperhatikan agar bisa dikurangi. Makanan olahan ini diantaranya ada aneka bakso, sosis, crabstick, dan fishcakes. Karena menurut Reutens makanan olahan ini menawarkan sedikit nutrisi dan kaya akan natrium nitrit yang merupakan bahan pengawet, pewarna buatan, serta penyedap rasa.

Makanan olahan yang berlebihan pada shabu-shabu akan berdampak buruk bagi tubuh. Salah satunya dapat menyebabkan methamoglobinaemia yaitu kelainan darah yang terjadi ketika hemoglobin tidak mampu melepaskan oksigen secara efektif ke jaringan tubuh.

3. Lepaskan kepala udang

7 Tips Makan Shabu-shabu Agar Tubuh Lebih SehatFoto: iStock

Tak hanya daging dan makanan olahan yang jadi bahan pelengkap untuk menyantap sajian shabu-shabu, seafood seperti udang juga merupakan bahan pelengkap dari sajian tersebut. Memang benar udang akan menambah kenikmatan pada shabu-shabu yang Anda nikmati, tapi perlu diperhatikan untuk melepas kepala udang karena dapat menambah kolesterol. Sebaiknya hanya tambahkan bagian tubuhnya saja karena bagian tersebut yang mengandung protein dan zat besi.

4. Hindari makan saat panas

Menyantap shabu-shabu dalam keadaan yang hangat memang nikmat karena bisa menghangatkan tubuh. Namun jangan menyantap steamboat dalam keadaan panas karena dapat membakar lidah serta dapat membahayakan kesehatan Anda. Penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer menunjukkan bahwa ada peningkatan risiko penyakit kanker esofagus karena mengonsumsi makanan atau minuman dengan suhu yang tinggi.

Baca Juga: 5 Tips Makan Shabu-shabu Gaya China, Pemula Harus Coba

5. Jangan makan terlalu cepat

Jangan makan terlalu cepat juga harus diperhatikan. Karena harus memberikan waktu untuk otak agar dapat menerima sinyal dari perut Anda. Saat menyantap sajian shabu-shabu memang terkadang kita akan kalap dan terbilang serakah, jadi lebih baik makan dengan lambat namun tetap kenyang.

6. Jangan terlalu lama saat merebus kuah

7 Tips Makan Shabu-shabu Agar Tubuh Lebih SehatFoto: iStock

Jangan biarkan terlalu lama saat merebus kuah atau terus menerus menyalakan kompor agar kuah tetap panas, itu sebuah kesalahan yang harus dihindari. Karena jika itu dilakukan sebenarnya dapat meningkatkan kandungan natrium nitrit. Menurut Reutens, adanya buih pada kuah dapat dikatakan tidak baik, dan lebih baik untuk membuangnya.

7. Makan secukupnya

Sajian shabu-shabu memang sangat nikmat, namun untuk menikmatinya pun harganya tergolong mahal. Karena sudah mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk menikmatinya, akhirnya Anda menyantap shabu-shabu dalam jumlah banyak dan tidak memikirkan kalori yang sudah masuk ke dalam tubuh.

Hal tersebut tak boleh lagi dilakukan karena akan berdampak pada kesehatan tubuh. Apalagi shabu-shabu banyak menyajikan daging, seafood, dan aneka makanan olahan yang tidak terlalu baik bagi penderita masalah hipertensi, ginjal, kolesterol, dan diabetes. Karena shabu-shabu mengandung garam yang tinggi serta lemak jenuh yang tinggi.

Simak Video "Nikmatnya Shabu-Shabu khas Mongolia dengan Potongan Daging Domba"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)