Lelang Tahun Baru, Tuna Jepang 276 Kg Ini Terjual Rp 24 Miliar!

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 07 Jan 2020 13:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Tuna Jepang terkenal memiliki kualitas super dengan harga selangit. Tak heran, tuna Jepang ini terjual hingga Rp 24 miliar saat lelang tahun baru.

Tuna merupakan jenis ikan laut yang masuk ke dalam golongan Thunnini, terdiri dari beberapa spesies dari keluarga skombride dan terutama genus Thunnus. Tuna tidak seperti ikan biasanya yang memiliki daging berwarna putih karena daging tuna cenderung merah muda hingga merah tua.

Di Jepang tuna jadi primadona. Olahannya beragam terutama sashimi dan sushi. Ikan laut ini bisa memiliki ukuran yang sangat besar bahkan hingga ratusan kilogram.

Lelang Tahun Baru, Tuna Jepang 276 Kg Ini Terjual Rp 24 Miliar!Foto: Istimewa

Seperti dilansir dari CTV News (05/01), Jepang kembali berhasil menjual tuna dengan ukuran mencapai ratusan kilogram dengan harga fantastis. Pada lelang tahun baru, tuna Jepang seberat 276 kilogram terjual seharga 193 juta yen atau sekitar Rp 24,9 miliar.

Baca Juga: Ini Kepiting Jepang Termahal yang Harganya Setara Mobil Mewah!

Jenis tuna yang memiliki bobot sangat berat tersebut merupakan jenis tuna sirip biru yang berhasil ditangkap di wilayah Aomori, Jepang Utara.

Lelang Tahun Baru, Tuna Jepang 276 Kg Ini Terjual Rp 24 Miliar!Foto: Istimewa

Harga yang terbilang fantastis ini ditebus seorang pengusaha sushi di Jepang yang sangat terkenal, Kiyoshi Kimura. Ia dijuluki sebagai 'Tuna King' karena kerap membeli tuna berharga fantastis. Untuk tuna Jepang terbarunya, ia membeli dalam lelang tahun baru di sebuah pasar ikan yang ada di Tokyo.

Kiyoshi Kimura rutin setiap tahun membeli tuna pada lelang yang dilakukan di pasar tersebut. Seperti tahun sebelumnya, pengusaha ini menghabiskan US$ 3,1 juta atau jika dirupiahkan senilai Rp. 43.277.860.000 untuk tuna dengan bobot sebesar 278 kilogram.

Baca Juga: Pasar Toyosu Berhasil Lelang Ikan Bluefin Tuna Seharga Rp 43 Miliar!

Simak Video "Battle 3 Bebek Goreng Surabaya, Mana Paling Lezat?"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)