Pasar Toyosu Berhasil Lelang Ikan Bluefin Tuna Seharga Rp 43 Miliar!

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 07 Jan 2019 12:04 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pengusaha sushi ini memenangkan lelang ikan bluefin tuna di pasar ikan Toyosu, Tokyo. Ia membeli ikan tersebut seharga Rp 43 miliar!

Pasar ikan Tsukiji yang tahun lalu resmi dipindahkan ke wilayah Toyosu, Tokyo menggelar lelang ikan pertama di tahun 2019. Meski sudah direlokasi, ritual lelang ikan tetap ditunggu-tunggu.

"Akhirnya, lelang tahun baru pertama diadakan di pasar Toyosu. Kami punya banyak tuna di seperti yang kami punya di Tsukiji," ungkap Yoshihiko Otaki selaku pejabat pasar setempat.

Pasar Toyosu Berhasil Lelang Ikan Bluefin Tuna Seharga Rp 43 Miliar!Foto: Istimewa
Seekor ikan bluefin tuna seberat 278 kilogram jadi hasil laut yang paling diinginkan peserta lelang. Karena itu, banyak orang yang berani menawar ikan laut yang ditangkap di perairan utara Jepang tersebut. Tak heran kalau hasil akhirnya, ikan tersebut terjual di angka yang fantastis. Jumlahnya dua kali lipat dari hasil lelang ikan bluefin tuna di tahun 2013.

Saat itu, ikan bluefin tuna dengan berat total yang hampir sama berhasil terjual seharga ¥155 (Rp 15,5 miliar). Tahun ini, ikan tuna sirip biru atau bluefin itu terjual seharga ¥333,6 juta atau sekitar Rp 43 miliar!

Baca juga: Rekor Baru Tahun Ini, Bluefin Tuna Dijual Rp. 15,5 Miliar!

Pasar Toyosu Berhasil Lelang Ikan Bluefin Tuna Seharga Rp 43 Miliar!Foto: Istimewa
Pembelinya tak lain dan tak bukan ialah pebisnis kuliner, Kiyoshi Kimura. Kiyoshi agaknya memang senang mengikuti pelelangan ikan berskala besar di Jepang.

Buktinya, tahun 2013 lalu saja Kiyoshilah yang jadi pemenang lelang ikan bluefin tuna sebesar 15,5 miliar. Kini, ia kembali membuktikan kemampuannya membeli ikan dengan harga lebih dari dua kali lipat.

"Saya membeli ikan tuna berkualitas. Harganya lebih tinggi dari perkiraaan, tapi saya berharap para pelanggan kami akan melahap ikan tuna berkualitas ini," ujar pemilik Kiyomura Co itu pada Japan Times (5/01).

Pasar Toyosu Berhasil Lelang Ikan Bluefin Tuna Seharga Rp 43 Miliar!Foto: Istimewa
Dengan adanya pelelangan pertama pasar Toyosu ini membuat pemerintah Tokyo makin yakin kalau kedepannya pasar Toyosu akan dicintai banyak orang, layaknya pasar Tsukiji dulu.

Sebab perelokasian pasar Tsukiji juga bukan tanpa alasan. Pasar itu berada di dekat bekas pabrik gas sehingga tanah yang ada di sana terkontaminasi gas. Pasar Toyosu sendiri menawarkan fasilitas pendingin canggih yang hampir dua kali lebih besar dari pasar Tsukiji dulu.

Baca juga:Seekor Ikan Tuna Bluefin Seberat 405 Kg Berhasil Dilelang Seharga Rp 4.4 Milliar (dwa/odi)