Rekor Baru Tahun Ini, Bluefin Tuna Dijual Rp. 15,5 Miliar!

- detikFood Minggu, 06 Jan 2013 13:46 WIB
Foto: Dailymail/AFP/Getty Images Foto: Dailymail/AFP/Getty Images
Jakarta - Tahun lalu, publik dikejutkan dengan seekor bluefin tuna yang dibeli dengan harga 6,7 miliar rupiah. Awal tahun ini, seekor bluefin tuna besar kembali dilelang dengan harga fantastis, yaitu 1 juta Pound sterling atau sekitar 15,5 miliar Rupiah!

Kiyoshi Kimura agaknya memang senang mengikuti pelelangan ikan berskala besar di Jepang. Buktinya, setelah tahun lalu berhasil memenangkan pelelangan bluefin tuna miliaran rupiah, kini pemilik Kiyomura Co. ini kembali membuktikan kemampuannya membeli ikan dengan harga hampir 3 kali lipat.

Bluefin tuna ini memiliki berat 222kg, dan menjadi ikan pertama yang dilelang di pasar ikan Tsukiji di Jepang. Ikan yang disebut o-toro ini biasanya dijual sekitar Rp. 200.000/iris. Ikan ini ditangkap di wilayah timur laut Jepang.

Menurut Dailymail (05/01/2013), masyarakat Jepang mengonsumsi sekitar 80 persen bluefin tuna dari seluruh dunia. Ikan ini dikabarkan sudah menurun populasinya, karena ditangkap secara berlebihan di berbagai wilayah.

Bluefin tuna dikategorikan sebagai salah satu ikan terbesar dan tercepat di dunia. Rata-rata, ikan ini memiliki berat sekitar 250 kg. Ikan ini memiliki warna biru metalik di bagian atas, dan abu-abu di bagian bawahnya.



(flo/odi)