Mau Makan Enak di Pesta BBQ? Kenali 5 Fakta dan Mitos Terkait Kolesterol

Devi Setya - detikFood Selasa, 31 Des 2019 15:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kolesterol jadi momok menakutkan karena ada banyak resiko penyakit yang disebabkan oleh kolesterol. Biasanya orang akan was-was soal kolesterol usai menyantap banyak daging, termasuk saat pesta bbq.

Banyak orang yang membatasi makan daging dan asupan lemak karena takut kolesterolnya naik. Padahal momen pergantian tahun kerap dijadikan ajang berpesta makan daging bbq.

Jangan dulu khawatir, asal makan sesuai porsi dan tak berlebihan, kolesterol dalam tubuh masih bisa dikontrol kok. Kenali juga ciri, mitos serta fakta seputar kolesterol.

1. Kolesterol tinggi disebabkan oleh makanan
Hati-hati Pesta BBQ, Kenali Dulu 5 Fakta dan Mitos Terkait KolesterolFoto: iStock

Banyak orang mempercayai kalau kolesterol tinggi disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Semakin banyak mengasup makanan yang mengandung lemak jenuh maka akan lebih besar terserang kolesterol.

Ternyata hal ini hanyalah mitos belaka. Dari penelitian yang dilakukan, penyebab utama hadirnya kolesterol tinggi adalah faktor genetika dan keturunan. Sekitar 75 persen kolesterol yang ada di tubuh adalah hasil genetika. Sementara 25 persen lainnya didapatkan karena pola makan yang buruk.

Baca juga : Jika Kadar Kolesterol Tinggi, Rajinlah Konsumsi 5 Makanan Ini

2. Kenali kolesterol jahat dan baik
Secara alami, tubuh manusia membutuhkan kolesterol untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Kolesterol ini terbagi menjadi tiga jenis yang dikenal dengan sebutan trigliserida.

Ada jenis kolesterol jahat yakni low density lipoprotein (LDL) dan ada jenis kolesterol baik yang dikenal dengan sebutan high density lipoprotein (HDL). HDL dinamai kolesterol baik karena bertanggung jawab sebagai membersihkan lemak yang ada di dalam pembuluh darah, sehingga pembuluh darah bersih. Sedangkan LDL melakukan hal sebaliknya, oleh karena itu disebut sebagai kolesterol jahat.

3. Orang kurus tak beresiko kolesterol
Hati-hati Pesta BBQ, Kenali Dulu 5 Fakta dan Mitos Terkait KolesterolFoto: iStock

Banyak anggapan yang merebak soal orang kurus tak beresiko terkena kolesterol. Hal ini adalah mitos belaka karena bentuk dan berat badan tidak ada hubungannya dengan kolesterol dalam darah. Artinya orang kurus mungkin saja memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Orang dengan badan kurus dan tampak segar bugar saja bisa berpotensi terkena kolesterol tinggi. Inilah alasan penting untuk memeriksakan kondisi kolesterol secara rutin dan teratur. Hal ini bisa dilakukan jika sudah menginjak usia lebih dari 20 tahun.

4. Anak-anak tak beresiko terkena kolesterol tinggi
Hati-hati Pesta BBQ, Kenali Dulu 5 Fakta dan Mitos Terkait KolesterolFoto: iStock

Hal ini sering luput dari perhatian orang tua, anak-anak dianggap tidak berpotensi terkena kolesterol. Padahal ada potensi kolesterol tinggi yang mengintai anak-anak.

The American Academy of Pediatrics melakukan penelitian terhadap anak-anak usia 9-11 tahun. Hasil pemeriksaan menunjukkan hampir sebagian dari anak-anak ini memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Hal ini dikaitkan dengan pola makan, aktivitas fisik serta gen dari masing-masing anak.

Baca juga : Kolesterol Tinggi? Pilih 8 Camilan Ini untuk Ganjal Perut

5. Suplemen penurun kolesterol
Banyak orang yang memiliki kolesterol tinggi mengandalkan suplemen untuk mengurangi kadar kolesterol. Suplemen ini kadang dikonsumsi usai menyantap banyak makanan yang mengandung banyak lemak jenuh.

Namun suplemen ini bukanlah solusi utama untuk menurunkan kolesterol. Akan percuma mengonsumsi suplemen namun tidak menjaga pola makan dan aktivitas fisik. Apalagi suplemen yang terbuat dari bahan kimia justru berpotensi buruk jika dikonsumsi dalam jangka panjang.




Simak Video "Tips Memasak Nasi agar Kadar Gulanya Lebih Rendah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)