Wow! Sepatu Keren Ini Ternyata Dibuat dari Limbah Permen Karet

Devi Setya - detikFood Senin, 30 Des 2019 13:30 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Sekilas tak ada yang aneh dari tampilan sepatu ini, padahal kalau ditelisik bahan bakunya agak menjijikan. Ya, sepatu ini terbuat dari limbah permen karet. Iyuuuh!

Mengunyah permen karet memang menyenangkan, tapi setelahnya akan ada sampah sisa permen karet yang lengket dan menyebalkan. Jika tidak dibuang dengan benar maka sisa permen karet akan menempel di berbagai barang sehingga membuat barang rusak.

Tentu saja ini yang menjadi alasan orang kesal dengan limbah permen karet. Hal inilah yang kemudian menjadi ide bagi perancang sepatu dengan label Explicit Wear. Perancang sepatu ini berkolaborasi dengan perusahaan barang berkelanjutan Gumdrop untuk menghasilkan sepatu ramah lingkungan yang terbuat dari limbah permen karet.
Wow! Sepatu Keren Ini Ternyata Dibuat dari Limbah Permen KaretFoto: istimewa

Baca juga : Kenyal-kenyal Manis, Apa Benar Permen Karet Mengandung Plastik?

Dilansir dari The Verge (30/12) sepatu unik ini dikenal dengan sebutan GumShoe. Sepatu ini dilengkapi dengan sol yang bahan utamanya adalah limbah permen karet. Untuk empat pasang sepatu setidaknya dibutuhkan sekitar 1 kilogram limbah permen karet.

"Kami menemukan permen karet terbuat dari karet sintetis. Dan dengan menghancurkan beberapa komposisi permen ini, kami dapat membuat jenis karet baru," kata Anna Bullus, direktur pengelola dan perancang di Gumdrop.

Proyek ini mencatat setidaknya ada 3,3 juta pon (1,3 juta kilogram) sampah permen karet yang ditemukan di trotoar jalan Amsterdam setiap tahunnya. Jutaan kilogram sampah permen karet ini membutuhkan biaya besar untuk pembersihannya.

Untuk membuat sepatu ini, produsen mengumpulkan sampah permen karet di jalanan. Permen karet sisa ini kemudian diolah dengan teknik khusus hingga berubah bentuk menjadi butiran karet. Nantinya, butiran karet inilah yang dijadikan bahan pembuatan sepatu.

"Kami mulai mencari cara untuk membuat orang sadar akan masalah ini. Kami membuat produk dari bahan yang sama sekali tidak dianggap oleh masyarakat," kata juru bicara untuk kolaborasi, Jonathan Van Loon.
Wow! Sepatu Keren Ini Ternyata Dibuat dari Limbah Permen KaretFoto: istimewa

Baca juga : Mengunyah Permen Karet Terbukti Bikin Otak Lebih Aktif

GumShoe ini juga diklaim sebagai sepatu kets pertama di dunia yang terbuat dari sisa limbah permen karet. Bagian sol sepatu ini dibuat sepenuhnya dari bahan karet, sementara bagian lainnya didominasi bahan kulit.

Sepatu permen karet ini tersedia dalam dua pilihan warna yakni pink bubble gum dan merah hitam. Tertarik memilikinya? Sepatu ini dibanderol dengan harga 190 euro (Rp 3,2 juta).

Simak Video "5 Hidangan Istimewa yang Bikin Valentine Makin Berkesan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)