Dikira Permen, Balita Ini Hampir Meninggal Setelah Telan 20 Baterai Koin

Sonia Basoni - detikFood Senin, 23 Des 2019 18:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Bentuknya yang kecil dan mirip permen, membuat baterai koin berbahaya bagi anak kecil. Contohnya seperti kasus anak kecil yang menelan 20 baterai koin ini.

Baterai koin, atau button batteries merupakan jenis baterai yang biasanya digunakan untuk jam, hingga mainan anak-anak. Tapi bentuknya yang kecil dan mengkilap, membuat anak-anak sering berpikir bahwa baterai koin adalah permen.

Baca Juga: Tak Sengaja Tertelan Headset, Pria Ini Bisa Dengar Musik dari Perutnya
Dikira Permen, Balita Ini Hampir Meninggal Setelah Telan 20 Baterai KoinFoto: iStock

Dilansir dari World of Buzz (23/12), seorang balita bernama Saphira, berusia 2 tahun, yang berasal dari Queensland, Australia, tak sengaja menelan 20 baterai koin ke dalam mulutnya, karena ia berpikir bahwa baterai koin itu merupakan permen.

Saat itu sang ibu, Hope Summers, pergi ke kamar anaknya. Di sana ia menemukan kamar yang kosong, dengan kemasan baterai koin yang sudah terbuka. Tak lama kemudian, sang anak datang dengan mulut yang penuh, dan berkata 'yummy', sehingga sang ibu langsung panik, dan menghubungi ambulans.

Namun ketika petugas medis sampai di rumah, mereka menemukan sang balita yang aktif dan senang. Ia tidak menunjukkan gejala atau gangguan pernapasan sama sekali. Namun tetap, balita itu dilarikan ke rumah sakit, dan sang balita itu mulai menangis.
Dikira Permen, Balita Ini Hampir Meninggal Setelah Telan 20 Baterai KoinFoto: Istimewa

Balita ini akhirnya dioperasi di Brisbane Children's Hospital, di mana pihak dokter berhasil mengeluarkan beberapa baterai koin dari perut balita itu. Namun sisa baterai koin lainnya, masih tenggelam di dalam perut balita itu.

Akhirnya balita itu diperbolehkan pulang, namun keesokan harinya, sang balita menangis kencang karena rasa terbakar di perutnya. Ternyata efek baterai koin ini lah, yang membuat sang balita merasakan kesakitan.

Pihak Clinical Director, yang ada di Brisbane Children's Hospital menyebutkan bahwa baterai koin ini, merupakan pembunuh tanpa suara. Jika Anda tak sengaja tertelan baterai koin, makan baterai ini akan tertahan di tenggorokan.
Dikira Permen, Balita Ini Hampir Meninggal Setelah Telan 20 Baterai KoinFoto: Istimewa

Ketika baterai koin tertahan di tenggorokan, maka akan muncul sensasi terbakar yang parah. Jika tidak ditangani dengan cepat, kemungkinan akan menyebabkan kematian yang fatal. Karenanya para dokter menyarankan agar menjauhkan baterai koin, dari jangkau anak-anak. Terutama balita.

Baca Juga: Tertelan Saat Minum, Dokter Temukan Tusuk Gigi di Hati Pria Ini

Simak Video "Toko Permen Tertua di Dunia, Sudah Ada Sejak 193 Tahun Lalu!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)