Tertelan Saat Minum, Dokter Temukan Tusuk Gigi di Hati Pria Ini

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 19 Feb 2019 15:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang pria di China harus dioperasi, setelah para dokter menemukan satu tusuk gigi yang berada di dalam hatinya. Bagaimana bisa terjadi?

Pria bernama Zhou, sempat membuat dokter terkejut ketika menemukan tusuk gigi di bagian hatinya. Pria berusia 29 tahun ini memang memiliki kebiasaan untuk menaruh tusuk gigi di gelasnya, untuk membedakan gelasnya dari gelas teman-temannya.

Baca Juga: Waduh! Wanita Ini Menderita Radang Usus karena Menelan Sobekan Kemasan Saus Tomat
Tertelan Saat Minum, Dokter Temukan Tusuk Gigi di Hati Pria IniFoto: Istimewa
Namun ia tidak sengaja menelan tusuk gigi tersebut saat minum dari gelasnya. Kejadian ini sebenarnya terjadi beberapa tahun yang lalu, dan menurut para dokter, tusuk gigi sepanjang 2,4 inci ini ditemukan menancap di bagian hati Zhou.

Dikabarkan Daily Trust (18/02), Zhou dilarikan ke rumah sakit yang berada di Provinsi Guangxi, China. Setelah kesehatannya terus menurun selama tiga tahun terakhir. Zhou dikabarkan menderita radang paru-paru, dan demam tinggi. Tapi penyakit ini tidak pernah bisa sembuh meski sudah diobati oleh dokter.
Tertelan Saat Minum, Dokter Temukan Tusuk Gigi di Hati Pria IniFoto: Istimewa
Banyak juga dokter yang menyangka bahwa Zhou mengidap penyakit yang lebih serius seperti kanker darah. Hingga akhirnya, para dokter berhasil menemukan benda aneh di bagian paru-parunya.

Setelah tusuk gigi itu berhasil diangkat setelah menancap di hatinya selama bertahun-tahun, Zhou mengatakan bahwa dia tidak bisa mengingat kapan dia menelan tusuk gigi itu. Tapi dia yakin kejadian ini terjadi saat ia tengah minum alkohol.
Tertelan Saat Minum, Dokter Temukan Tusuk Gigi di Hati Pria IniFoto: Istimewa
Sementara itu menurut ahli bedah yang menanganinya, Dokter Wen Zhaohui, sangat jarang menemukan benda aneh di dalam hati pasien sehingga sulit untuk didiagnosis.

Zhou bukan satu-satunya orang yang memiliki benda aneh dalam tubuhnya. Sebelumnya pria berusia 26 tahun di China, harus dilarikan ke rumah sakit setelah menelan sendok berukuran besar dan tersangkut di dalam tenggorokannya selama setahun.

Baca Juga: Telan Sendok Demi Taruhan, Sendok Tersangkut di Tenggorokan Selama Setahun (sob/odi)