Ini Tips Bikin Roti Panggang Keju Enak dari Pakar Keju

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 20 Des 2019 07:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Roti panggang keju atau grilled cheese sandwich selalu bikin ketagihan. Kalau mau bikin yang enak, ikuti tips bikin roti panggang keju menurut pakar keju ini.

Roti panggang dengan lelehan keju merupakan salah satu makanan sederhana yang digemari banyak orang. Selain rasanya lezat, tampilan benang-benang keju yang mulur membuat siapapun tergoda.

Dilansir dari Insider (17/12), seorang pemasok keju artisan bernama Julia Birnbaum memberi tips membuat roti panggang keju. Ia menyoroti jenis keju keju terbaik dan roti seperti apa yang cocok dakam membuat camilan gurih ini.
Ini Tips Bikin Roti Panggang Keju Enak dari Pakar KejuFoto: iStock

Birnbaum menyarankan penggunaan 3 jenis keju yang dapat meleleh sempurna di dalam sandwich. Ternyata ia menyarankan keju yang sangat mudah ditemukan dan biasa digunakan. Seperti mozarella, keju alpine-style, dan cheddar.

Baca Juga: Bosan Roti Panggang? Bikin Saja Milk Toas yang Gampang Ini

Untuk keju mozarella, menurut Birnbaum keju ini akan menghasilkan tekstur yang lengket dan lembut. Karakter ini sangat dibutuhkan untuk hasil roti panggang yang sempurna.

Lalu untuk jenis keju alpine-style seperti keju gruyere, comte, emmental atau dikenal sebagai keju Swiss, keju jenis ini akan menghasilkan lelehan yang sempurna dengan cita rasa yang kaya.

Birnbaum juga menyarankan memakai keju cheddar, namun pilih keju cheddar muda karena kalau sudah kering tidak akan dapat menghasilkan lelehan keju yang sempurna. Selain itu, pilih keju cheddar yang cita rasanya lebih tajam karena akan memberikan rasa yang lebih intens walaupun sudah dipanaskan.
Ini Tips Bikin Roti Panggang Keju Enak dari Pakar KejuFoto: iStock

Untuk jenis rotinya, menurut Birnbaum tak ada pilihan khusus dalam memilih roti yang tepat. Birnbaum mengatakan kalau segala jenis roti bisa digunakan seperti foccacia, sourdough, hingga roti tawar biasa.

Penggunaan mentega pun perlu diperhatikan, lebih baik Anda melumuri banyak mentega di kedua sisi roti karena rasanya akan semakin nikmat. Beri juga paduan gurih atau manis pada roti panggang keju. Misalnya ditambah bacon, bawang bombay panggang, tomat panggang, atau bahkan madu.

Baca Juga: Yuk, Bikin Gilgeori Toast Roti Panggang Korea Buat Sarapan

Simak Video "Legit! Kue Tobu'u yang Buat Hati Menyatu"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)