Yuk, Bikin Gilgeori Toast, Roti Panggang Korea Buat Sarapan!

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 09 Okt 2019 05:30 WIB
Foto: Dok. gildedgingerbread.com Foto: Dok. gildedgingerbread.com
Jakarta - Kalau bosan dengan roti panggang isi selai buah, kamu bisa bikin roti panggang Korea ini. Isiannya telur dadar sayuran dan rasanya gurih empuk.

Karena pengaruh budaya barat, orang Korea juga mengonsumsi roti saat sarapan. Sandwich khas dengan isian telur dikenal dengan nama gilgeori jeonji atau Korean Toast atau sandwich telur.

Sesuai dengan namanya, sandwich ini berisi telur dadar sayuran dengan lapisan smoked beef dan olesan mayonnaise dan saus tomat. Biasanya dijual di penjual kaki lima hingga bakery dan kedai kopi.

Setangkup Korean Toast ini nutrisinya lengkap. Karbohidrat dari rotinya, protein dari telur dan daging asap, serta smoked beef yang jadi lapisannya. Tentu saja sandwich ini bisa menjadi sarapan yang mengenyangkan.

Untuk membuat Korean Toast ini bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di kulkas. Cara membuatnya juga tidak sulit, dalam 10 menit sarapan sehat dan hangat bisa dinikmati.



Yuk, Bikin Gilgeori Toast, Roti Panggang Korea Buat Sarapan!Foto: iStock


1. Siapkan 4 lembar roti tawar putih atau brown bread. Untuk isiannya 3 butir telur ayam, 2 sdm wortel yang diserut halus, 2 sdm kol atau lettuce yang diserut halus, 1 sdm daun bawang yang diiris tipis, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt merica bubuk dan 1/2 sdt minyak wijen.

Sebagai pelengkapnya, 2 lembar smoked beef, mayonnaise dan saus tomat secukupnya.

Yuk, Bikin Gilgeori Toast, Roti Panggang Korea Buat Sarapan!Foto: Dok. gildedgingerbread.com


2. Pecahkan telur dalam wadah, kocok hingga berbuih. Tambahkan sayuran, merica, garam dan minyak wijen, kocok hingga rata.

Yuk, Bikin Gilgeori Toast, Roti Panggang Korea Buat Sarapan!Foto: Dok. gildedgingerbread.com


3. Panaskan wajan datar yang lebar, jika ada bisa pakai wajan segi empat. Olesi sedikit mentega lalu tuangkan adonan telur ke dalam wajan.
Kecilkan api dan bentuk adonan menjadi segi empat kira-kira seukuran roti tawar. Masak hingga kedua sisinya kering dan kecokelatan. Angkat.

Yuk, Bikin Gilgeori Toast, Roti Panggang Korea Buat Sarapan!Foto: Dok. gildedgingerbread.com


4. Panggang roti sebentar, olesi menetga. Taruh dadar sayuran di atasnya. Beri selembar smoked beef. Kucuri saus tomat dan mayonnaise. Tutup dengan lembaran roti lainnya. Kerjakan yang sama dengan sisa roti dan telur.

Roti panggang isi siap dinikmati hangat atau dibawa sebagai bekal. Bungkus atau kemas roti panggang dalam wadah bertutup jika akan dibawa sebagai bekal.



Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)