Makanan Natal Lezat

Jadi Waktu Kumpul Keluarga, Natal Hadirkan Ragam Makanan Lezat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 18 Des 2019 19:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Perayaan Natal tinggal menghitung hari. Pada momen inilah umat Kristiani kumpul bersama keluarga sambil menikmati ragam makanan lezat.

Natal merupakan hari besar agama Kristen yang memiliki sejarah panjang. Wikipedia menyebut catatan pertama peringatan Natal adalah tahun 336 Sesudah Masehi pada kalender Romawi kuno, yaitu pada tanggal 25 Desember.

Kala itu orang-orang merayakan Natal dengan tradisi khusus. Misalnya menghias rumah dengan daun-daunan hijau, menyanyi bersama, dan saling bertukar kado. Tak ketinggalan tradisi menyiapkan makanan spesial.

Jadi Waktu Kumpul Keluarga, Natal Hadirkan Ragam Makanan LezatFoto: iStock

Budaya Natal memang paling kental terasa di Eropa. Sebab pada tahun 1100, sejarah mencatat Natal menjadi perayaan keagamaan terpenting di sana. Tiap negara di Eropa memiliki tradisi perayaan Natal tersendiri, termasuk soal makanan yang disajikan.

Baca Juga: Ini Cara Bikin Fruitcake Enak dan Praktis dari Chef Hotel Berbintang

Beberapa makanan tersebut jadi ikon hingga banyak disajikan di negara lain saat Natal. Misalnya kalkun panggang, galantine, dan daging panggang sebagai makanan utama. Belum lagi kue-kue dan dessert khas Natal seperti fruit cake, Christmas pudding, dan Yule Log.

Kemeriahan jamuan Natal ini biasanya berlangsung tidak hanya di hari H, tapi juga beberapa hari setelahnya. Sebab Natal dekat dengan pergantian tahun yang juga dirayakan bersama keluarga. Salah satu agendanya tentu saja menikmati beragam hidangan panggang dan dessert istimewa.

Jadi Waktu Kumpul Keluarga, Natal Hadirkan Ragam Makanan LezatFoto: iStock

Tak hanya di Eropa, makanan Natal lezat juga tersaji di Indonesia. Beberapa orang memilih sajikan makanan gaya Barat, namun ada juga yang menyajikan makanan tradisional. Misalnya ayam kodok atau ikan arsik yang disajikan utuh.

Beberapa daerah di Indonesia dengan penduduk mayoritas pemeluk agama Kristen juga memiliki makanan Natal menarik. Dari Batak, misalnya, ada bolu ganda Siantar dan tradisi Marbinda yang umum dilakukan.

Sedangkan dari Manado ada ayam rica-rica dan ikan woku belanga yang penuh rempah. Rasanya yang pedas gurih membuat makanan Natal ini selalu dicari. Apalagi ditambah ragam dessert spesial yang disajikan saat Natal.

Jadi Waktu Kumpul Keluarga, Natal Hadirkan Ragam Makanan LezatFoto: iStock

Baca Juga: 5 Dessert Natal Paling Enak dari Seluruh Dunia, Kamu Suka yang Mana?

Lalu bagaimana dengan makanan Natal dari negara dan daerah lain di Indonesia? Pada ulasan kali ini detikFood akan mengupas tuntas serba-serbi makanan Natal lezat. Termasuk rekomendasi resep praktis yang bisa Anda buat untuk jamuan Natal.

Nah, kalau mau makan di luar, ada rekomendasi restoran keluarga maupun restoran di hotel yang bisa Anda sambangi saat hari Natal. Simak terus detikFood untuk tahu info lengkapnya.



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)