Serunya! Belajar Buat Permen Dalgona Korea Bareng Solar 'MAMAMOO'

Sonia Basoni - detikFood Senin, 16 Des 2019 19:00 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Dalgona Coffee
Jakarta - Sukses jadi YouTuber berpenghasilan tinggi, Solar 'MAMAMOO' ajarkan para penggemarnya cara membuat permen dalgona. Permen manis khas Korea yang mudah dibuat.

Selain aktif dan sukses di dunia K-Pop, anggota girlband MAMAMOO, Solar, juga sering mengunggah berbagai videonya lewat kanal YouTube nya yaitu 'Solarsido', yang sudah memiliki lebih dari 1,4 juta subscribers.

Baca Juga: Ini Dalgona, Permen Lembut Asal Korsel yang Populer Sejak 1970-an
Serunya! Belajar Buat Permen Dalgona  Korea Bareng Solar 'MAMAMOO' Foto: Istimewa
Solar mengunggah video tentang cara membuat permen dalgona di rumah. Permen jenis toffee ini, rasanya cukup enak. Dengan bahan utama dari adonan karamel gula dengan sedikit soda kue.

Selama menyiapkan bahan-bahan untuk membuat dalgona, penyanyi berusia 28 tahun ini menceritakan bahwa dulu saat ia masih kecil, ia sering membeli permen dalgona di depan sekolahnya.

Sayangnya, di video ini, Solar tak menjelaskan secara rinci bahan-bahan hingga takaran dalam membuat permen dalgona. Namun, para penggemarnya cukup terhibur dengan berbagai aksi imut Solar, saat mencoba membuat permen ini.
Serunya! Belajar Buat Permen Dalgona  Korea Bareng Solar 'MAMAMOO' Foto: Istimewa

Menurut Solar, gula untuk membuat permen dalgona harus dipanaskan dalam suhu yang rendah, jika tidak gulanya akan gosong. Solar juga menyarankan untuk membiarkan gula itu meleleh sendiri, sehingga tidak berceceran keluar dari wajan mini yang ia gunakan.

Setelah gulanya berubah menjadi sirup bening, Solar menambahkannya dengan sedikit baking soda. Setelah itu campuran antara sirup gula dan baking soda diaduk hingga mengental, dan ketika adonannya masih panas, langsung di cetak ke dalam cetakan bulat.

Diamkan selama beberapa saat agar permukaan permen mengeras, setelah itu lepas cetakan dari permen secara perlahan. Sekali lagi Solar menyarankan, bahwa ketika melepaskan permen dari cetakannya, Anda harus berhati-hati.

Dibutuhkan kesabaran khusus dalam melepas dalgona dari cetakan, agar bentuknya tetap sempurna. Untungnya, Solar dengan mahir mengeluarkan permen dari cetakan itu.
Serunya! Belajar Buat Permen Dalgona  Korea Bareng Solar 'MAMAMOO' Foto: istimewa

Usai membuat permen dalgona, Solar menikmati permen itu dengan susu yang ia sedot menggunakan sedotan berbentuk kacamata yang menggemaskan. Tapi permen dalgona ini tak hanya enak untuk dimakan dengan susu saja, tapi juga bisa disandingkan dengan es krim, hingga makanan manis lainnya.

"Saya sebenarnya tak mengerti apa yang Solar katakan di video ini. Namun ketika Solar tertawa, saya ikut tertawa. Ketika Solar tersenyum, saya juga tersenyum. Sesederhana itu, karena ia merupakan idola saya," puji salah satu penggemarnya di kolom komentar.

"Karena melihat video Solar, saya jadi ingin mencoba membuat permen dalgona sekarang," sambung netizen lainnya.

Tak hanya membuat permen dalgona saja, Solar juga aktif mengunggah pola dietnya, hingga video mukbang. Tak heran, Solar bisa mendapatkan uang miliaran rupiah dari hasil menjadi YouTuber setiap bulannya.

Baca Juga: Jika Dapat Menghabiskan Satu BbopkiSekaligus, Dapat Satu Bbopki Gratis!



Simak Video "Kopi Dalgona yang Viral Saat Corona, Ini Cara Membuatnya"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Dalgona Coffee