Ini Dalgona, Permen Lembut Asal Korsel yang Populer Sejak 1970-an

Devi Setya - detikFood Senin, 22 Jul 2019 10:00 WIB
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Korea Selatan bukan hanya terkenal dengan kimchinya, aneka jajanan kaki lima juga tak kalah populer. Ada dalgona, permen lembut yang populer sejak tahun 70-an.

Dalgona juga populer dengan nama ppopgi,. Salah satu dari sekian banyak jajanan Korsel yang banyak dinikmati berbagai kalangan. Penjualnya banyak menjajakan kudapan ini di pinggir jalan dengan gerobak sederhana.
Ini Dalgona, Permen Lembut Asal Korsel yang Populer Sejak 1970-an Foto: istimewa

Baca juga : Nyam, Ini 10 Jajanan Kaki Lima Unik di Myeongdong, Korea!

Ada beberapa bahan utama yang diperlukan untuk membuat kudapan ini. Biasanya penjual akan mencampur gula dan minyak serta memanaskannya di atas api hingga menjadi karamel yang lumer.

Karamel gula ini ditambahkan dengan sedikit soda kue lalu diaduk hingga menjadi adonan yang kental dan lengket. Mirip gulali. Selama proses ini, penjual menggunakan wadah kecil yang mirip wajan berukuran super mini.

Setelah siap, adonan ini lantas dituang ke atas wajan datar yang sudah panas. Dengan cekatan, penjual akan menekan adonan dengan alat khusus sehingga membuatnya pipih.
Ini Dalgona, Permen Lembut Asal Korsel yang Populer Sejak 1970-an Foto: istimewa

Baca juga : 5 Jajanan Khas Korea yang Bisa Jadi Camilan Enak Sore Ini

Untuk mempermanis tampilan, permen ini kemudian diberi berbagai bentuk cetakan seperti bentuk hati, bunga, bintang hingga bentuk pesawat terbang. Tak perlu waktu lama, permen ini langsung matang dan bisa dinikmati.

Dalgona bukanlah jajanan baru, permen lembut dengan rasa manis ini sudah populer sejak tahun 1970. Jadi tak berlebihan mengatakan camilan ini sebagai salah satu camilan legendaris atau klasik Korsel.



(dvs/odi)