Menikah dengan Pizza Hingga Buah, 5 Pernikahan Aneh dengan Makanan

Riska Fitria - detikFood Rabu, 11 Des 2019 14:30 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: Istimewa

1. Wanita Menikahi Buah Maja

Pernikahan aneh dengan menikahi buah maja ini terjadi di Nepal. Gadis Nepal yang tergabung dalam komunitas Newari memang harus menjalankan pernikahan selama 3 kali. Namun, pernikahan 3 kali pernikahan tersebut tidak dengan manusia. Pertama, mereka harus menikahi buah maja atau buah wood apple. Setelah itu, pernikahan kedua dilakukan dengan menikahi matahari.

Baru kemudian mereka menikah dengan pria. Dilansir dari Times of India (19/06) tradisi pernikahan unik itu dikenal dengan sebutan Ehee, ihi atau Bel Bibah yang dilakukan ketika gadis Nepal memasuki masa praremaja sebelum mereka pubertas, yaitu ketika berusia 5-10 tahun. Orang-orang yang tergabung dalam komunitas Newari adalah orang yang tinggal di Kathmandu yang bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang.

Buah bael disimbolkan sebagai Dewa Vishnu. Tradisi ini berawal dari gadis berusia 19 tahun yang dulu menikahi Dewa Vishnu dalam bentuk buah bael. Kemudian suami manusianya meninggal dunia, tetapi dia tidak dipanggil dengan sebutan janda karena dia punya suami yang abadi yaitu Dewa Vishnu. Dipilihnya buah bael karena buat bael memiliki kulit yang keras sehingga melambangkan sebagai pengantin pria yang kuat,

(raf/odi)