Resep Air Nabeez, Minuman Sehat Infused Water Ala Rasulullah

Puti Yasmin - detikFood Rabu, 11 Des 2019 10:30 WIB
Resep Air Nabeez/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memiliki sebuah minuman kesukaan. Sang penghulu Rasul dan Nabi itu biasa mengkonsumsi air nabeez. Ini adalah sejenis infused water yang terbuat dari kurma.

Nah, apa resep air nabeez?

Jenis kurma untuk air nabeez biasanya menggunakan ajwa, tunisia, hingga rutabh atau kurma muda. Air nabeez mengandung banyak manfaat sehingga juga dikonsumsi untuk ibu hamil dan ibu menyusui.


Resep Air NabeezResep Air Nabeez Foto: ilustrasi/thinkstock
Berikut resep air nabeez yang dirangkum detikFood:

Pertama-tama, tuangkan air matang ke dalam sebuah wadah. Lalu, masukkan beberapa buah kurma yang sudah dibuang bijinya ke dalam wadah tersebut.

Ada baiknya, memasukkan buah kurma dalam jumlah ganjil, sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW. Selain itu, Rasulullah juga merendam buah kismis dalam air sebagai infused water sebagaimana hadist riwayat Muslim:

Aَrab: عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُنْبَذُ لَهُ الزَّبِيبُ فِي السِّقَاءِ فَيَشْرَبُهُ يَوْمَهُ وَالْغَدَ وَبَعْدَ الْغَدِ فَإِذَا كَانَ مَسَاءُ الثَّالِثَةِ شَرِبَهُ وَسَقَاهُ فَإِنْ فَضَلَ شَيْءٌ أَهَرَاقَهُ

Artinya: Dari Ibnu Abbas radhialahu 'anhu, ia berkata, 'Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah dibuatkan rendaman kismis dalam satu bejana, kemudian beliau minum rendaman tersebut pada hari itu, juga esok harinya dan keesokannya harinya. Pada sore hari ketiga beliau memberi minuman tersebut kepada yang lain, jika masih ada yang tersisa , beliau pun menuangnya.'



Selanjutnya, koyak buah kurma tersebut. Hal itu dilakukan agar sari buah kurma bisa menyebar ke seluruh wadah dan tubuh dapat memperoleh manfaatnya.

Terakhir, tutup wadah air nabeez. Diamkan selama 8-12 jam. Setelah itu, resep air nabeez siap untuk dinikmati.

Nah, resep air nabeez bisa dipraktikkan di rumah ya!

Simak Video "Istimewa! Bakso Setan Bogor yang Beratnya 500 Gram"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)