Bolu Gulung Spesial

Sponge Cake yang Digulung, Diberi Aneka Isi dan Hiasan Kreatif

Riska Fitria - detikFood Rabu, 04 Des 2019 18:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Bolu Gulung Spesial
Jakarta - Swiss roll cake atau bolu gulung merupakan salah satu jenis kue Eropa klasik. Selain mudah dibuat, cake ini juga dihias sebagai salah satu cake Natal populer.

Karena disebut Swiss roll cake, banyak orang menganggap bahwa kue ini pertama kali berasal dari negara Swiss, Austria atau Eropa Tengah. Sementara di Amerika dikenal dengan sebutan Roll Jelly Cake, karena diisi dengan jelly buah.

Bolu gulung atau roll cake merupakan sponge cake yang dicetak segi empat tipis. Saat masih hangat digulung lalu diolesi selai atau krim dengan paduan beragam bahan. Setelah digulung kembali dan didinginkan, cake ini dihiasi dengan krim, cokelat atau krim mentega dan diberi hiasan. Dipotong-potong melintang dan disajikan.
Sponge Cake yang Digulung, Diberi Aneka Isi dan Hiasan KreatifFoto: iStock

Bolu gulung sangat populer di negara-negara persemakmuran Inggris, Hong Kong dan India, karena kue manis tersebut menjadi hidangan untuk para raja. Pada tahun 1960, produksi bolu gulung sebagai camilan menjadi populer. Saat itu merek bolu yang gulung yang paling populer adalah Little Debbie dan Lyons Company.

Sejak saat itu bolu gulung menjadi semakin populer hingga ke berbagai negara. Bahkan setiap negara punya bolu gulung dengan ciri khas tersendiri yang disesuaikan dengan selera rasa dan isiannya. Seperti di Prancis dikenal dengan nama Yule Log, Rulltarta di Swedia, Jam Rolls di India, Bolu Gulung di Indonesia, Pionono di Filipna dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Ini Resep Kue Lebaran Mascovis Orange Roll, Paduan Bolu Gulung dan Lapis Legit

Teknik pembuatan kue bolu gulung bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dipanggang dan dikukus. Semakin berkembangnya zaman, bolu gulung juga tak melulu berpenampilan polos. Kini banyak bolu gulung yang lapisan atasnya dihiasi dengan berbagai macam motif. Seperti motif kartun, motif gradasi warna seperti pelangi hingga motif batik yang populer di Indonesia.
Sponge Cake yang Digulung, Diberi Aneka Isi dan Hiasan KreatifFoto: iStock

Untuk rasanya, bolu gulung juga semakin bervariasi mulai dari rasa klasik seperti cokelat, pandan dan keju, sampai rasa kekinian seperti rasa matcha, hazelnut, mocha, nutella dan lainnya. Bolu gulung kekinian itu juga banyak dijadikan dessert andalan di kafe-kafe instagramable.

Di Indonesia sendiri bolu gulung banyak isian seperti bolu gulung durian, bolu gulung ketan hitam, bolu gulung srikaya hingga bolu gulung telur asin. Hampir di tiap negara ada versi bolu gulung yang berbeda.

Sebagai salah satu jenis kue Natal, bolu gulung dikenal dengan nama Christmas Log atau Yule Log atau Bouche de Noel. Konon kue berbentuk batang kayu ini merupakan bentuk rindu para perantau. Mereka kemudian membuat kue bentuk bolu gulung seperti batang pohon. Dihiasi jamur dan beragam ornamen Natal. Di Indonesia bolu gulung tersedia mulai di rumah produksi hingga toko-toko kue bintang lima.
Sponge Cake yang Digulung, Diberi Aneka Isi dan Hiasan KreatifFoto: iStock

Rumah produksi bolu gulung tersebut biasanya menawarkan bolu gulungnya secara online melalui website resmi atau akun-akun media sosial. Kepopuleran bolu gulung di Indonesia, menjadikan kue manis ini sebagai oleh-oleh khas daerah. Seperti Moo Moo Roll Cake khas Bandung, bolu meranti khas Medan, Bolu Gulung Jenebora khas Balikpapan dan bolu abon khas Papua.

Di ulasan khusus detikFood kali ini akan membahas seputar bolu gulung. Seperti perkembangan bolu gulung mulai dari yang klasik sampai degan bolu gulung yang kekinian dan ciri khas bolu gulung di setiap negara. Rekomendasi resep pembuatan bolu juga tak luput dari pembahasan kami.

Selain rekomendasi resep, kami juga akan memberikan rekomendasi tempat-tempat yang memiliki varian bolu gulung enak dari bakery kelas atas hingga produksi rumahan. Simak terus detikFood untuk tahu info lengkapnya ya!

Baca Juga : Membuat Bolu Gulung

Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Bolu Gulung Spesial