Makan Fried Chicken Seminggu, Pria Ini 'Mabuk' Garam hingga Sakit Kepala

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 22 Nov 2019 11:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pria Inggris ini lakukan eksperimen hanya makan fried chicken KFC selama seminggu. Hasilnya ia 'mabuk' garam dan kecanduan rasa fried chicken.

Adalah Mike Jeavons, pria asal Bedfordshire yang jalani eksperimen unik makan fried chicken KFC selama seminggu. Dikutip dari Daily Mail (21/11), Mike mendokumentasikan hal ini karena terinspirasi tayangan dokumenter populer 'Super Size Me'.

YouTuber 34 tahun ini lalu menyambangi gerai KFC terdekat setiap hari. Asupan garamnya naik drastis hingga 150% karena kebiasaan Mike melahap makanan cepat saji ini. Usai seminggu jalani pola makan tak sehat ini, Mike mengaku jadi kecanduan rasa fried chicken.

Makan Fried Chicken Seminggu, Pria Ini 'Mabuk' Garam hingga Sakit KepalaFoto: Istimewa

Meski begitu, berat badan Mike turun hingga hampir 1 kilo gram karenanya. "Saya suka KFC dan ingin tahu apakah saya masih akan menyukainya usai makan KFC selama seminggu," kata Mike. Total ia menghabiskan 150 pound sterling (Rp 2,7 juta) dalam seminggu untuk membeli menu KFC.

Untuk eksperimen ini, ia hanya mengonsumsi rata-rata 2.000 kalori per hari. Hanya saja asupan garamnya melonjak dari biasanya. Untuk asupan lemak bahkan 250% dari biasanya.

Baca Juga: Ini Alasan yang Bikin Orang Doyan Makan Junk Food

Makan Fried Chicken Seminggu, Pria Ini 'Mabuk' Garam hingga Sakit KepalaFoto: Istimewa

"Usai eksperimen, seminggu setelahnya saya merasa haus terus menerus dan sakit kepala. Saya juga sangat kangen KFC," kata Mike. Ia juga berujar, "Sangat senang makan semua makanan tak sehat ini. Tiap hari saya sangat menantikan waktu makan."

Untuk 'mabuk' garam yang ia alami, Mike menjelaskan secara khusus. "Saya rasa ada hal yang membuat ketagihan, garam bersifat adiktif, saya pikir saya kecanduan garam. Saya rindu rasa dan 'tendangan' garam itu," lanjut Mike lagi.

Makan Fried Chicken Seminggu, Pria Ini 'Mabuk' Garam hingga Sakit KepalaFoto: Istimewa

Lalu seperti apa bahaya pola makan tinggi garam? Ketika terlalu banyak makan garam atau sodium yang salah satunya didapat dari konsumsi makanan cepat saji, tubuh akan menahan cairan lebih banyak untuk coba seimbangkan garam.

Cairan itu membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Pada akhirnya tekanan darah lebih tinggi kemudian bisa meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Tekanan darah yang lebih tinggi juga membuat jantung lebih sulit mendorong darah pembawa oksigen ke berbagai organ. Salah satunya otak sehingga membuat kemampuan kognitif seseorang berkurang.

Baca Juga: 22 Tahun Selalu Makan Junk Food, Wanita Ini Hampir Buta!


Simak Video "Pepsi Bakal Hengkang dari Indonesia, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)