Olahan Bebek Maknyus

Di Sini Ada Bebek Bali, Bebek Goreng Renyah hingga Bebek Pecatu

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 31 Okt 2019 14:03 WIB
Foto: dok. detikFood
FOKUS BERITA Olahan Bebek Maknyus
Jakarta - Olahan bebek tak hanya dari Madura dan Surabaya saja. Bebek Bali pun, punya rasa yang tak kalah enak. Dimasak dengan bumbu komplet khas Bali.

Jumlah restoran bebek Bali di Jakarta cukup banyak. Mulai dari restoran bebek dengan harga murah, hingga bintang lima. Di wilayah Ampera, Jakarta Selatan, ada satu restoran bebek yang sudah terkenal sejak dulu.

Di restoran Bebek Renon, menu yang ditawarkan berupa aneka hidangan bebek khas Bali. Potongan daging bebek, bumbu, hingga sambal pun diracik menggunakan aneka rempah khusus yang disiapkan oleh Bebek Renon.
Di Sini Ada Bebek Bali, Bebek Goreng Renyah hingga Bebek PecatuFoto: dok. detikFood

Baca Juga: Wajib Dicicipi! 4 Olahan Bebek Bali yang Gurih Sedap

"Jadi nama 'Renon' itu sebenarnya diambil dari salah satu wilayah yang ada di Bali. Karena restoran ini menyajikan hidangan bebek khas Bali," tutur Lisa, salah satu staff kepada detikFood (31/10).

Lisa menyebutkan bahwa Bebek Renon memiliki lebih dari 15 cabang, yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Depok, hingga Banjarmasin. Olahan bebek di sini ada dua, goreng dan bakar. Untuk jenis bebek yang digunakan, mereka menggunakan bebek jenis peking dan bebek hibrida, serta bebek muda.
Di Sini Ada Bebek Bali, Bebek Goreng Renyah hingga Bebek PecatuFoto: dok. detikFood


"Di Bebek Renon menggunakan tiga jenis bebek, ada bebek peking dan bebek hibrida, ini potongan dagingnya lebih besar dan berisi. Kemudian ada bebek muda, ukurannya lebih kecil, tapi tekstur dagingnya lebih lembut dan kenyal," jelas Lisa.

Untuk bumbu ungkep bebek sendiri, sebenarnya tak ada yang berbeda, mereka tetap menggunakan campuran ketumbar, lengkuas, jahe, hingga serai.

"Tapi untuk yang membedakan bebek buatan Bebek Renon dengan yang lainnya itu, pastinya terletak di sambal cocolan bebek. Di sini setiap hidangan bebek disajikan dengan jukut urap, sambal Renon dan sambal matah. Kalau sambal Renon itu, racikan spesial dari Bebek Renon, yang menggabungkan cabe domba dan bawang putih yang banyak, mirip seperti sambal korek," tutur Lisa lebih lanjut.
Di Sini Ada Bebek Bali, Bebek Goreng Renyah hingga Bebek PecatuBebek Krispi. Foto: dok. detikFood

Sementara yang primadonanya ada sambal matah. Di sini sambal matahnya menggunakan lebih banyak kecombrang, dengan irisan rawit segar, dan siraman minyak kelapa panas, sehingga rasa dan aroma dari sambal ini lebih kuat dibandingkan sambal matah di tempat lainnya.

Sensasi gurih harum sambal matah ini berpadu sempurna dengan bebek goreng atau bebek bakar, yang disantap bersamaan dengan jukut urap khas Bali.
Di Sini Ada Bebek Bali, Bebek Goreng Renyah hingga Bebek PecatuBebek Bakar Muda. Foto: dok. detikFood

"Menu bebek yang paling populer di Bebek Renon itu ada Bebek Super, yaitu bebek muda yang bisa digoreng atau dibakar disajikan dengan dua sambal Renon dan matah. Lalu ada Bebek Bali Krispi, jadi bebeknya digoreng hingga garing, dengan tekstur bebek yang renyah,"

Kemudian ada juga menu spesial Bebek Pecatu, di sini bebek digoreng hingga garing, kemudian atasnya ditaburkan dengan sambal matah, dengan ekstra bunga kecombrang yang bikin nagih.
Di Sini Ada Bebek Bali, Bebek Goreng Renyah hingga Bebek PecatuBebek Pecatu. Foto: dok. detikFood

"Bebek peking atau bebek muda, semuanya populer di sini. Terutama sambal matahnya," pungkas Lisa.

Untuk kisaran harga di Bebek Renon, masih cukup ramah di kantong. Menu paket berisi pilihan olahan bebek, urap, dua sambal, di banderol dengan kisaran harga Rp 45.000 saja. Bagi yang penasaran dengan bebek gaya Bali ini, bisa langsung mampir ke gerai Bebek Renon terdekat.

Baca Juga: Ini 5 Tempat Makan Bihun Bebek Khas Medan yang Enak dan Populer




Simak Video "Nyam! Lembutnya Olahan Daging Bebek Khas Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Olahan Bebek Maknyus