Cara Memilih hingga Matangkan Alpukat dengan Cepat dan Merata

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 30 Okt 2019 18:20 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: Istock

1. Jenis alpukat di pasar
Alpukat aslinya berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Tapi kini alpukat jadi buah favorit di banyak negara, termasuk Indonesia. Ada beberapa jenis alpukat di pasaran yang bisa dipilih. Salah satu yang terfavorit adalah alpukat mentega.

Alpukat ini memiliki daging buah yang tebal, padat, dan teksturnya kenyal tak berair. Warna daging buahnya kuning, tampak bersih, dan tidak ada cacat sehingga mirip mentega. Ada juga alpukat wina yang rasanya gurih manis. Alpukat lokal ini biasanya berbobot 1,3-1,8 kg per buah. Daging buahnya tebal, padat, dan berwarna kuning.

Beberapa alpukat lain yang juga terkenal adalah alpukat miki, alpukat kendil, dan alpukat hass. Untuk alpukat miki, ukurannya mungil dengan berat 400-600 gram saja per buah. Alpukat miki memiliki daging buah berwarna kuning, teksturnya padat, dan terasa pulen. Alpukat lokal yang terkenal adalah alpukat Sulawesi yang panjang runcing bentuknya dengan daging buah kuning creamy. Ada juga alpukat Sukabumi yang kencil hampir bulat dengan daging creamy kekuningan.

(adr/odi)