Buah Alpukat Masih Keras? Matangkan dengan 4 Cara Ini!

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 13 Jul 2017 18:12 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bagi Anda pecinta alpukat, tentu perlu tahu 4 tips ini. Tekstur alpukat yang masih keras jadi tanda bahwa buah ini belum matang. Cobalah atasi dengan 4 cara ini.

Alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sehingga sering diolah menjadi salad alpukat ataupun jus hingga guacamole. Akan tetapi, ada hal yang sering dialami banyak orang yaitu membeli alpukat yang masih mentah. Tapi jangan khawatir, dikutip dalam Fox News (11/07), ada cara praktis yang bisa membuat alpukat matang dengan cepat.

Baca juga: Pencinta Alpukat Sebaiknya Ketahui 10 Trik Mudah Ini (2)

1. Masukkan laci

Jangan menaruh buah alpukat di dalam lemari es. Suhunya yang dingin dapat menghambat proses pematangan buahnya. Sebaiknya simpan dalam laci sekitar beberapa hari. Buah alpukat akan berubah warna dan teksturnya akan lebih empuk dan matang.

Cara ini membutuhkan waktu seminggu untuk mematangkan alpukat.

Alpukat dalam kantung kertas.Alpukat dalam kantung kertas. Foto: iStock

2. Taruh dalam kantung kertas

Kandungan gas etilen yang dilepaskan oleh buah (termasuk alpukat) bisa memicu proses pematangan. Sehingga cara terbaik untuk mempercepat proses pematangan adalah dengan menjebak buah dalam wadah etilena itu sendiri. Kantung kertas adalah pilihan yang tepat karena menjebak etilen sambil tetap membiarkan buah "bernafas", mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan.

Jika Anda melakukan cara ini, buah alpukat bisa disimpan selama kurang lebih 4 hari untuk menunggu proses pematangan, sehingga lebih cepat dibandingkan cara pertama.

Pisang dan apel bisa ditaruh dalam kantung kertas.Pisang dan apel bisa ditaruh dalam kantung kertas. Foto: iStock

3. Taruh pisang dan apel dalam kantung

Ada teori, jika Anda ingin melipatgandakan etilen, Anda bisa menambahkan pisang atau apel ke kantung kertas bersama dengan alpukat. Buah-buahan ini juga bisa melepaskan etilen juga sehingga kantung kertas akan penuh dengan etilen sehingga kedua buah tersebut bisa mempercepat pematangan buah.

Ketika sudah mencobanya, alpukat matang sempurna dalam waktu 4 hari.

4. Tambahkan tepung dalam kantung

Ada juga yang menambahkan tepung ke dalam kantung, yang secara teori dapat membantu buah berkonsentrasi dan bertahan dengan etilen yang dilepaskan oleh buah. Akan tetapi hasilnya tidak lebih cepat dari beberapa cara sebelumnya.

Jadi, dengan menggunakan bantuan kantung, proses pematangan buah tidak dilakukan dengan cepat, tetapi butuh beberapa hari. Jika tertarik, ada juga kaos kaki yang dibuat khusus untuk membantu proses pematangan alpukat. Dengan kaos kaki ini, alpukat bisa matang dalam waktu 24 jam.

Baca juga: Wah, Ada Kaos Kaki Khusus Dirancang untuk Mematangkan Alpukat! (lus/odi)
Load Komentar ...