Keren! Pria Ini Mahir Buat Roti Ukuran Selimut dalam Waktu Singkat

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 29 Okt 2019 17:01 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Membuat roti membutuhkan keahlian khusus. Apalagi jika rotinya memiliki ukuran sebesar selimut, dan dibuat langsung menggunakan kedua tangan dalam waktu yang singkat.

Flatbread atau roti pipih, merupakan jenis roti sederhana yang dibuat dari campuran tepung terigu, sedikit ragi, garam, dan minyak. Roti jenis ini bentuknya tipis, karena dipipihkan menggunakan tangan dan tidak menggunakan ragi. Tapi jenis flatbread ini cukup banyak, populer di wilayah India hingga Afghanistan.

Baca Juga: Susah Buka Tutup Kaleng Kue, Video Viral Tamu Ini Bikin Ngakak
Keren! Pria Ini Mahir Buat Roti Ukuran Selimut dalam Waktu SingkatFoto: Istimewa

Salah satunya jenis 'chadar roti' di mana roti ini memiliki bentuk yang sangat tipis, dan lebarnya bisa menyerupai selimut berukuran besar. Cara pembuatannya juga tak mudah, dibutuhkan keahlian dan kecepatan tangan, karena jika tidak, adonan roti akan sobek atau bahkan melilit tangan hingga tubuh orang yang membuatnya.

Dilansir dari Storypick (29/10), salah satu pengguna Twitter bernama Harsh Goenka (@hvgoenka), membagikan video berdurasi singkat, memperlihatkan keahlian seorang pembuat roti chadar yang sibuk membuat roti raksasa itu dengan kedua tangannya.

Roti chadar sendiri merupakan salah satu makanan tradisional yang populer di Afghanistan, dan biasanya menjadi pengganti nasi, serta pelengkap saat menyantap aneka lauk. Meski tidak diketahui, di mana lokasi video ini diambil, tapi netizen terpukau dengan keahlian pria pembuat roti ini.
Keren! Pria Ini Mahir Buat Roti Ukuran Selimut dalam Waktu SingkatFoto: Istimewa

Video itu dibuka dengan seorang pria pembuat roti yang tengah membalik roti chadar raksasa buatannya, di atas tungku api yang masih menggunakan kayu bakar. Proses memanggangnya, persis seperti orang tengah menjemur selimut atau seprei.

Sambil menunggu rotinya matang, pria itu kembali memipihkan adonan roti lalu melebarkannya dengan kedua tangan, sampai bagian roti itu tipis dan melilit bagian tangan hingga bahunya. Baru setelah itu ia lemparkan adonan roti tersebut ke atas tungku api.

"Benar-benar menghemat banyak waktu. Bayangkan, seberapa lama waktu yang terbuang untuk membuat 20 roti berukuran kecil. Sementara membuat roti chadar, hanya membutuhkan waktu 5 menit, dan 1 porsi roti ini bisa untuk makan satu keluarga besar," tulis netizen.

"Cara pembuatan roti ini harus diterapkan bagi pria yang punya 4 istri, 40 anak, dan puluhan cucu. Anda tidak bisa memasak dalam ukuran normal, jika punya anggota keluarga satu kampung," canda netizen lainnya.
Keren! Pria Ini Mahir Buat Roti Ukuran Selimut dalam Waktu SingkatFoto: Istimewa

"Keren! Keahlian pria ini membuat roti tak perlu diragukan lagi. Tapi sayangnya, tempat pembuatan rotinya tidak terlalu bersih dan kotor," lanjut seorang netizen, yang mengeluhkan proses pembuatan roti kurang higienis.

Hingga saat ini, video buat roti seukuran selimut ini sudah ditonton lebih dari 49.900 kali. Disukai 3.281 pengguna, dan mendapatkan lebih dari 152 balasan.

Baca Juga: Viral Video Ibu-Ibu Rebutan Rendang, Netizen : Lagi Syuting Sinetron Kali







Simak Video "Kalau ke Bandung, Jangan Lupa Coba Roti Gandum Legendaris Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)