Shabu-shabu Lezat Sehat

Siapkan 5 Hal Ini Untuk Membuat Shabu-shabu di Rumah

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 19 Okt 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Membuat shabu-shabu tidak hanya bisa dilakukan di restoran , tetapi juga bisa dilakukan di rumah dengan menyiapkan beberapa hal ini.

Shabu-shabu adalah konsep makan ala Jepang yang populer dimana pengunjung dapat memasak sendiri daging dan sayuran dengan kuah kaldu mendidih dalam hot pot. Pengunjung disarankan untuk memilih bahan-bahan mentah untuk dicelupkan ke dalam kaldu mendidih untuk dimasak.

Tren makan shabu-shabu juga bisa dilakukan di rumah. Membuat shabu-shabu di rumah tidaklah sulit, karena hanya membutuhkan beberapa peralatan dan bahan-bahan yang mudah didapatkan di supermarket terdekat. Hal tersebut juga disampaikan oleh Chef Tomoaki Ito selaku Executive Chef Jepang di Restoran Yoshi Izakaya, Grand Melia.

"Mudah banget membuat di rumah, apalagi bahan-bahannya 100% bisa dibeli di supermarket," ujarnya.

Berikut ini 5 hal yang perlu disiapkan untuk membuat shabu-shabu sederhana di rumah.

1. Kompor Portable
Siapkan 5 Hal Ini Untuk Membuat Shabu-shabu di RumahFoto: Istimewa

Hal yang untuk dari pengalaman membuat shabu-shabu adalah kompor meja atau dikenal dengan sebutan kompor portable. Atau kamu juga bisa memanfaatkan kompor di dapur yang bisa dipindahkan dengan mudah. Sekiranya kamu membutuhkan satu buah kompor untuk ditaruh di atas meja.

Jika kamu ingin merebus lebih dari satu jenis kaldu, kamu bisa menyiapkan dua kompor sekaligus. Jika kamu punya kompor jenis pot fondue bisa jadi pilihan yang bagus untuk membuat shabu-shabu rumahan ini.

"Paling ya pakai api dari kompor portable, tapi kalau kompor biasa juga bisa aja," jelas Chef Tomoaki Ito.

2. Panci Sup
Siapkan 5 Hal Ini Untuk Membuat Shabu-shabu di RumahFoto: Istimewa

Saat membuat shabu-shabu tentunya juga membutuhkan panci untuk memasak kuah kaldu. Jenis pot yang terbaik yang digunakan untuk pesta shabu-shabu di rumah adalah panci yang memiliki diameter lebar.

Diameter lebar akan memungkinkan semua orang dapat dengan mudah mencelupkan makanan mereka tanpa membuat berantakan. Semakin lebar mulut panci, maka itu akan semakin baik.

Baca Juga : Inilah Dashi, Kaldu Paling Penting untuk Shabu-shabu Jepang

3. Penjepit dan sendok sup
Siapkan 5 Hal Ini Untuk Membuat Shabu-shabu di RumahFoto: Istimewa

Untuk kenyamanan semua orang saat membuat shabu-shabu di rumah adalah dengan menyediakan setidaknya dua penjepit dan satu sendok sup per pancinya. Penjepit akan membantu saat memasukkan bahan-bahan ke dalam kaldu mendidih.

Sementara sendok sup untuk mengambil kuah kaldu dan menuangkan ke dalam mangkuk. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkat bahan-bahan dari dalam panci.

4. Kaldu
Siapkan 5 Hal Ini Untuk Membuat Shabu-shabu di RumahFoto: Istimewa

Tempat makan shabu-shabu terbaik biasanya memiliki kaldu yang lezat untuk dapat dicelupkan dan dimasak. Saat membuat shabu-shabu di rumah pastikan kaldu buatan kamu tidak hambar.

Jadi buatlah kaldu yang lezat yang akan berfungsi sebagai bumbu-bumbu utama. Kamu bisa menyiapkan kaldu sesuai selera, karena pada shabu-shabu ada banyak jenis kaldu yang bisa digunakan seperti kaldu tomyam, dashi, gochujang dan lainnya.

5. Bahan-bahan
Siapkan 5 Hal Ini Untuk Membuat Shabu-shabu di RumahFoto: Istimewa

Aspek lain saat membuat shabu-shabu terbaik adalah bahan-bahan yang digunakan. Bahan-bahan tersebut ada mulai dari daging yang diiris tipis dan sayuran yang mudah dimasak dalam kaldu.

Selain itu perlu juga untuk menyiapkan saus untuk menambah rasa pada kaldu. Bahan-bahan paling dasar yang bisa kamu tambahkan ke shabu-shabu adalah irisan daging, seafood, bakso, sayuran, jamur, tofu dan mie.

"Kalau daging kan banyak di supermarket, itu juga ada banyak jenisnya. Ada Australian beef, US Beef, atau lainnya. Untuk sausnya juga bisa beli, tapi kalau mau buat sendiri juga bisa. Kalau cek di google, itu banyak banget cara-cara membuat saus ponzu atau saus goma," ujar Chef Chef Tomoaki Ito.

Baca Juga : 5 Tips Makan Shabu-shabu Gaya China, Pemula Harus Coba

Simak Video "Nastar Klepon, Perpaduan Makanan Jadul dan Kekinian!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)