Shabu-shabu Lezat Sehat

Inilah Dashi, Kaldu Paling Penting untuk Shabu-shabu Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 16 Okt 2019 19:30 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Dashi adalah kuah kaldu terpenting untuk kuah shabu-shabu. Warnanya bening dengan rasa gurih yang menyegarkan.

Masakan Jepang, khususnya yang memakai kuah, terkenal dengan rasa gurih alami yang enak. Mulai dari sup miso, kaldu shabu-shabu, hingga kuah mie. Ternyata rasa gurih ini didapat dari pemakaian bumbu utama dalam masakan Jepang yaitu dashi.

Dashi dibuat dari bahan-bahan sederhana hingga menghasilkan umami, sebuah profil rasa kelima setelah manusia mengenal manis, asam, pahit, dan asin. Umami sendiri berarti "lezat" dalam bahasa Jepang. Penemuan rasa umami memiliki sejarah panjang dan terkait dengan dashi.

Kehadiran dashi pun membuat shabu-shabu begitu nikmat. Banyak restoran memakai dashi sebagai bahan utama pembuatan kaldu shabu-shabu. Jika ingin membuat dashi sendiri di rumah ternyata tidak sulit. Apalagi kini tersedia dashi instan yang praktis.

Dirangkum detikFood (16/10) dari beberapa sumber, inilah fakta menarik soal dashi. Para pencinta shabu-shabu dan masakan Jepang secara umum patut mengetahuinya. (adr/odi)