ADVERTISEMENT

Kayak Apa Ya Rasa Umami Itu? Begini Penjelasan Chef

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 30 Agu 2019 10:01 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Manis, asam, pahit, dan asin adalah rasa dasar yang dikenal banyak orang. Setelah itu hadir rasa kelima, umami. Sebenarnya apa itu umami dan seperti apa rasanya?

Ada banyak cara mendeskripsikan rasa makanan seperti gurih, manis, pedas, tawar, asin, hingga pahit. Namun beberapa makanan dinilai memiliki rasa yang kompleks sehingga sulit dikategorikan dalam salah satu rasa dasar yang sudah diketahui banyak orang.

Keju, miso, dan jamur adalah sebagian contohnya. Makanan ini disebut-sebut memiliki rasa umami. Kata 'umami' ditemukan oleh ahli kimia Jepang bernama Kikunae Ikeda tahun 1907. Dikutip dari Eat This (29/8), kala itu ia melihat lebih dalam pada komposisi molekular dashi.

Kayak Apa Ya Rasa Umami Itu? Begini Penjelasan ChefFoto: iStock

Dashi merupakan kaldu yang banyak dipakai dalam berbagai jenis masakan Jepang. Ia meneliti bahan dari jenis rumput laut. Ikeda lalu menemukan komponen yang menghadirkan rasa baru pada dashi adalah asam glutamat.

Akhirnya Ikeda menamai rasa ini "umami" yang berarti lezat dalam bahasa Jepang. Umami menjadi "rasa kelima" hingga akhirnya muncul dalam bahasa Inggris di tahun 1970-an. Namun masih banyak orang belum tahu apa itu karakter rasa umami.

Baca Juga: Cokelat Ransiki Asli dari Papua Barat yang Unik dan Umami Rasanya

Kayak Apa Ya Rasa Umami Itu? Begini Penjelasan ChefFoto: Istock

Chef Mareya Ibrahim yang juga penulis 'Eat Like You Give a Fork: The Real Dish on Eating to Thrive' menjelaskan lebih lanjut soal umami. "Umami biasanya dideskripsikan untuk hidangan berbahan daging atau gurih, tapi rasa ini datang dari makanan yang secara alami tinggi kandungan asam glutamat," katanya.

Glutamat sendiri adalah senyawa molekular pada asam glutamat. Dalam bentuk kristal, glutamat disebut MSG. Pada beberapa makanan, asam amino glutamat terbentuk secara alami.

"Apa yang luar biasa tentang hal ini adalah penelitian menunjukkan konsumsi rasa umami membantu Anda merasa kenyang lebih cepat karena mereka begitu memuaskan dan menyenangkan selera," kata Ibrahim.

Kayak Apa Ya Rasa Umami Itu? Begini Penjelasan ChefFoto: Istimewa

"Itu bisa menjelaskan mengapa saus tomat dan salsa adalah dua bumbu kami yang paling populer - mereka dibuat dengan tomat, yang memiliki rasa umami," lanjutnya.

Tak hanya pada daging, umami juga bisa ditemui pada makanan nabati seperti tomat, jamur, miso, rumput laut, kecap ikan, dan kecap. Ada juga campuran beragam bumbu yang menghadirkan rasa umami. "Salah satunya furikake yang terbuat dari rumput laut, biji wijen, dan ikan bonito kering," pungkas Ibrahim.

Baca Juga: Setelah Umami, Lemak adalah Cita Rasa ke 6 yang Dimiliki Manusia


Simak Video "Bikin Laper: Nyobain Sop Ubi Khas Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT