Shabu-shabu Lezat Sehat

Shabu-shabu Dimasak dengan Daging dan Sayuran Jenis Ini

Riska Fitria - detikFood Kamis, 17 Okt 2019 18:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Shabu-shabu merupakan makanan Jepang berupa daging dan sayuran yang dimasak dalam kuah kaldu. Daging dan sayuran jenis apa yang biasa digunakan?

Tren makan shabu-shabu masih populer sampai sekarang. Banyak restoran yang menawarkan menu shabu-shabu dan mempersilahkan pengunjungnya untuk memasak shabu-shabu sendiri.

Sebelum masak shabu-shabu, ada baiknya untuk mengenali bahan-bahan apa saja yang dipakai dalam hidangan tersebut. Mulai dari daging hingga sayurannya. Dilansir dari Pogogi (10/6), daging dan sayuran untuk memasak shabu-shabu terdiri dari berbagai jenis.
Shabu-shabu Dimasak dengan Daging dan Sayuran Jenis IniFoto: iStock

Pertama, untuk dagingnya biasanya menggunakan daging sapi atau babi. Namun, kamu juga bisa mengkreasikan dengan menggunakan daging ayam ataupun daging domba untuk hidangan shabu-shabu.

Kalau di Jepang, restoran shabu-shabu kelas atas hanya menyajikan daging sapi dengan daging sapi marble yang menjadi pilihan utama di restoran tersebut. Daging sapi marble adalah daging dengan pola otot yang menyerupai motif marmer.

Baca Juga : Hot Pot, 'Shabu-shabu' Gaya China dengan Beragam Kaldu

Selain daging marble, beberapa restoran juga ada yang menyajikan daging dengan pola yang lebih ramping seperti daging di bagian bahu dan pinggang sapi.
Shabu-shabu Dimasak dengan Daging dan Sayuran Jenis IniFoto: iStock

Di antara pilihan daging tersebut, yang paling penting adalah daging tersebut harus diiris tipis. Itu karena daging shabu-shabu harus dimasak dengan sangat cepat. Tak hanya daging, makanan laut seperti udang windu, cumi-cumi dan kerang juga sangat populer di shabu-shabu.

Kemudian ada sayuran yang sama pentingnya dengan daging. Menambahkan sayuran bisa memberikan cita rasa umami atau gurih ke dalam kaldu yang akan dinikmati di akhir makan. Sayuran yang dapat dipakai juga beragam, biasanya orang Jepang akan memilih sayuran dengan warna yang berbeda.
Shabu-shabu Dimasak dengan Daging dan Sayuran Jenis IniFoto: Istimewa

Sayuran yang paling umum pada shabu-shabu adalah kubis China, daun krisan, negi atau daun bawang Jepang, wortel, jamur enoki dan jamur shiitake. Jika kamu tidak dapat menemukan sayuran Jepang, kamu bisa memilih sayur kol dan selada.

Agar sayuran cepat matang, sayuran lebih dulu dipotong menjadi bagian yang kecil. Saat daging dan sayuran dimasak bersamaan dalam kaldu shabu-shabu, ada terdapat banyak buih di dalamnya. Buih tersebut harus disaring untuk dibuang agar kuah kaldu dapat dinikmati di akhir makan nanti.

Baca Juga : Ini 5 Ciri Shabu-Shabu Asli Jepang, Teknik Masaknya Tak Boleh Asal



Simak Video "Nikmatnya Shabu-Shabu khas Mongolia dengan Potongan Daging Domba"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)