9 Kesalahan Saat Memasak Pasta yang Perlu Dihindari

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 18 Okt 2019 10:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kesalahan saat memasak pasta perlu dihiindari agar rasa pasta enak. Apa saja kesalahan saat memasak pasta yang dilakukan banyak orang?

Memasak pasta idealnya harus menghasilkan tekstur yang al dente agar nikmat saat meyantapnya. Namun ternyata menghasilkan tekstur al dente pada pasta tak semudah yang dipikirkan. Tak hanya merebusnya ke dalam air yang mendidih, namun ada faktor lain yang harus dilakukan untuk mendapatkan tekstur al dente tersebut.

Dirangkum dari Insider (15/10), berikut 9 kesalahan saat memasak pasta menurut seorang chef Italia-Amerika. Tentu bisa jadi panduan bagi Anda yang ingin menghindari kesalahan saat memasak pasta.

Baca Juga: Anda Perlu Tahu 10 Cara Merebus Spaghetti yang Benar

9 Kesalahan Saat Memasak Pasta yang Perlu DihindariFoto: iStock

1. Pakai pasta murahan
Kesalahan saat memasak pasta pertama adalah memakai pasta murah. Jangan gunakan jenis pasta ini karena biasanya produsen menggunakan produk yang murah juga sebagai bahan baku pembuatan pasta. Misalnya saja tepung yang memiliki zat aditif atau dengan mempercepat proses pengeringan. Semua ini mengarah pada hasil pasta yang tidak al dente nantinya.

2. Tidak menunggu air mendidih
Jangan pernah memasak pasta dengan keadaan air tidak mendidih, itu akan membuat proses masak Anda gagal. Tunggu sampai air benar-benar mendidih baru masukkan pasta ke dalam panci. Menurut Chef Salvatore Marcello, air harus berada di titik didih yang benar jika ingin mendapatkan tekstur pasta yang al dente.

3. Membilas rebusan pasta
Kesalahan saat memasak pasta selanjutnya adalah membilas rebusan pasta. Hal ini tidak disarankan karena akan membuat pasta yang Anda rebus mengandung banyak air dan menjadikan tekstur pasta Anda lembek dan tidak al dente lagi.

9 Kesalahan Saat Memasak Pasta yang Perlu DihindariFoto: iStock

4. Membuang air pasta
Jika Anda pernah membuang air pasta, lain kali jangan membuangnya lagi. Karena air rebusan pasta dapat menambah rasa pada saus pasta yang Anda masak.

5. Tidak gunakan bentuk pasta yang sesuai
Ternyata menentukan bentuk pasta itu diperlukan. Karena bentuk pasta akan mempengaruhi saus yang dimasak. Menurut chef Lidia Bastianich, bentuk pasta yang pipih dan panjang akan cocok dengan minyak zaitun dan saus krim, sementara untuk bentuk pasta orecchiette akan cocok dengan saus yang lebih chunky dan memiliki rasa yang kuat. Sedangkan untuk saus tomat, dan saus mentega yang sederhana cocok untuk semua jenis pasta.

6. Pasta Anda kematangan
Kesalahan saat memasak pasta juga termasuk memasak pasta terlalu matang. Jangan masak pasta Anda terlalu lama karena itu akan kematangan dan membuat tekstur pasta menjadi lembek.

9 Kesalahan Saat Memasak Pasta yang Perlu DihindariFoto: iStock

7. Tidak memberi garam ke rebusan air
Campurkan sedikit garam untuk membuat air rebusan pasta Anda memiliki cita rasa. Chef Nate Whiting merekomendasikan untuk bumbui rebusan pasta Anda dengan 10 gram garam jika air yang digunakan sebanyak 1 liter.

Baca Juga: Mau Masak Apa? Ini 5 Olahan Spaghetti Enak yang Cocok Buat Sajian Akhir Pekan

8. Tidak gunakan air yang banyak pada perebusan
Jika Anda tidak menggunakan air yang banyak pada rebusan pasta Anda, pastikan lain kali untuk menaruh banyak air ke dalam panci. Buat seakan pasta berenang di dalam air. Karena jika tidak menggunakan banyak air, pasta Anda tidak akan matang secara merata.

9 Kesalahan Saat Memasak Pasta yang Perlu DihindariFoto: iStock

9. Tidak memasak pasta menggunakan saus secara langsung
Kesalahan saat memasak terakhir adalah Anda tidak memasak pasta menggunakan saus secara langsung. Sebab memasak pasta dalam keadaan masih panas memungkinkan pori-pori pasta terbuka dan bisa menyerap saus lebih baik.

Simak Video "Perpaduan Unik Keju Yogyakarta dengan Wine Australia dan Selandia Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)