Kisah Miris Anak-anak di India yang Hanya Makan Nasi dan Kuah Kunyit

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 15 Okt 2019 12:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kesejahteraan anak-anak di India, jadi salah satu masalah yang sering disorot. Kekurangan makanan hingga masalah kebersihan jadi salah satu persoalannya.

Banyak catatan untuk pemerintah India agar lebih sigap membenahi masalah yang terjadi di wilayah terpencil. Kali ini muncul video yang viral di media sosial, yang berisi beberapa anak-anak di salah satu sekolah dasar (SD) makan dengan menu seadanya.

Baca Juga: Sedih! Anak-anak di India Ini Naik Kereta Untuk Dapatkan Air Bersih

Dilansir dari India Times (14/10), salah satu SD di desa Vichparia, Sitapur, India, menyajikan menu makan siang untuk anak-anak. Tapi menu makan siang itu hanya berisi nasi, yang disajikan dengan kuah kunyit kekuningan. Padahal pihak pemerintah mewajibkan untuk memberikan menu makanan sayuran dan nasi.
Kisah Miris Anak-anak di India yang Hanya Makan Nasi dan Kuah KunyitFoto: Istimewa

Diketahui sebelumnya, ada lebih dari ratusan ribu SD yang tersebar di India yang mendapatkan bantuan program makan siang gratis. Program ini dilakukan pemerintah, untuk mengatasi kelaparan pada murid, serta mendorong agar anak-anak lebih rajin pergi ke sekolah.

Sayangnya, program makan siang gratis ini tidak dijalani dengan baik. Banyak masalah kebersihan makanan yang terjadi, bahkan anak-anak sering mengalami keracunan dari makan siang gratis tersebut.

Dalam video tersebut terlihat tiga anak mengenakan seragam sekolah yang sama, tengah makan di atas tanah dengan piring besi. Tak terlihat nasi di sana, melainkan hanya warna kuning dari campuran kunyit. Menu makanan yang menyedihkan, dan lokasi makan yang kotor ini menuai kritik dari netizen.
Kisah Miris Anak-anak di India yang Hanya Makan Nasi dan Kuah KunyitFoto: Istimewa

Pihak pemerintah langsung menanggapi hal ini, dan pergi ke sekolah tersebut untuk menuntaskan kasus ini. Pihak pemerintah akhirnya membantah tuduhan adanya pelanggaran penyajian makanan di sekolah itu. Mereka bahkan mengklaim bahwa para murid selalu makan nasi dengan aneka sayur, dan video nasi kunyit itu merupakan rencana dari orang-orang yang ingin memfitnah pemerintah.

Meski begitu masih banyak orang yang tidak percaya dengan pernyataan dari pihak pemerintah. Tapi banyak juga yang membela, bahwa nasi dengan kuah kunyit pun masih cukup bernutrisi.

Dilansir dari Healthline (15/10), kunyit sudah digunakan sebagai rempah dan obat tradisional selama ribuan tahun di India. Kunyit menyimpan banyak manfaat kesehatan, seperti kandungan curcumin di dalamnya. Curcumin dikenal dapat membantu membasmi bakteri di tubuh, serta membantu menyembuhkan tubuh dari radang hingga penyakit lainnya.
Kisah Miris Anak-anak di India yang Hanya Makan Nasi dan Kuah KunyitFoto: Istimewa

Selain itu kunyit sering digunakan sebagai vitamin, sekaligus untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak di India. Fungsinya juga untuk menjaga daya tahan tubuh.

Sebelumnya banyak sekolah di India yang menjadi sorotan, setelah beberapa sekolah menyuruh para muridnya untuk makan hingga masak di dalam toilet.

Baca Juga: Di India Masak di Lubang WC hingga Makan di Toilet Adalah Hal Biasa



Simak Video "Unik! Begini Kalau Pesawat Airbus Diubah Jadi Restoran"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)