Sedih! Anak-anak di India Ini Naik Kereta Untuk Dapatkan Air Bersih

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 26 Sep 2019 12:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak anak-anak yang berasal dari Siddharth Dhage, yang melakukan perjalanan sepanjang 14 km menggunakan kereta, hanya untuk mendapatkan air bersih untuk dikonsumsi.

Di wilayah Mukundwadi, India, banyak keluarga yang kurang mampu dan harus bertahan hidup dengan lingkungan yang menyedihkan. India sering diterjang badai hujan hingga banjir, akan tetapi di wilayah Mukundwadi tingkat curah hujannya cukup rendah, yaitu di bawah angka 14%.

Baca Juga: Disebut Air Termurni di Dunia, Sebotol Air Ini Harganya Rp.300 Ribu
Sedih! Anak-anak di India Ini Naik Kereta Untuk Dapatkan Air BersihFoto: Istimewa

Dilansir dari Reuters (25/09), karena kekurangan air bersih untuk diminum dan dimasak. Anak-anak kecil di sana yang berusia di bawah 10 tahun, setiap harinya harus naik kereta untuk mengambil air bersih yang letaknya tak dekat dari rumah mereka.

"Ini merupakan rutinitas sehari-hari saya. Setelah pulang dari sekolah, saya tidak memiliki waktu untuk bermain. Saya harus mencari air bersih dulu," tutur Garud, yang masih berusia sembilan tahun, dan tinggal tak jauh dari stasiun kereta.

Garud tak sendirian, lebih dari 100 keluarga yang tinggal di sana tidak memiliki akses air bersih. Tentunya karena penyedia air bersih, mematok harga 3000 rupees (Rp 597,575) untuk setiap 5000 liter air di musim panas. Harga ini mungkin tak terlalu mahal, tapi bagi keluarga yang tak mampu, biaya ini sangat lah besar.
Sedih! Anak-anak di India Ini Naik Kereta Untuk Dapatkan Air BersihFoto: Istimewa

Sehingga jalan satu-satunya untuk mendapatkan air bersih adalah, dengan anak-anak naik kereta ke kota terdekat yaitu Aurangabad. Di sana mereka membawa wadah besar, mulai dari tempat susu hingga galon untuk menampung air.

Anak-anak ini biasanya membawa sabun dan sampo dari rumah untuk mandi di sana. Mereka mengaku, di rumah mereka tak ada air untuk mandi.

Selain itu mereka sering diintimidasi oleh penumpang kereta lainnya, karena air yang mereka bawa memenuhi kereta. Banyak juga penumpang yang menendang wadah air yang mereka bawa, sehingga air bersih itu tumpah, terutama ketika di jam sibuk.
Sedih! Anak-anak di India Ini Naik Kereta Untuk Dapatkan Air BersihFoto: Istimewa

"Ketika membawa air bersih tersebut dari kereta, saya sangat berhati-hati. Karena terkadang wadah air itu terjatuh dari pintu kereta, dan semua kerja keras anak-anak untuk mendapatkan air bersih sia-sia," pungkas salah satu orang tua yang ada di Mukundwadi.

Menurut data yang dihimpun dari WaterAid, setidaknya ada 163 juta orang di India yang tak memiliki akses air bersih di rumah mereka. Pemerintah India sendiri sudah menjanjikan akan mengeluarkan dana sebesar 3,5 triliun rupees (Rp 692 triliun), untuk membangun saluran air bersih ke setiap rumah yang ada di India pada tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Karena Banjir, Wanita Ini Masak Makanan Langsung di Lubang WC

Simak Video "Unik! Begini Kalau Pesawat Airbus Diubah Jadi Restoran"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)