Bukan Selai Buah, Ternyata Bakery Pakai Bahan Ini Untuk Isi Donat

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 14 Okt 2019 10:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Donat isi selai jadi menu andalan banyak bakery. Ternyata mereka tidak memakai selai strawberry atau raspberry asli, tetapi racikan yang rasa dan teksturnya mirip.

Saat memasuki toko roti atau bakery, kita akan disambut aroma donat yang sangat menggugah selera. Ada berbagai macam varian donat, namun ada satu yang selalu diincar yaitu donat dengan isian selai di dalamnya atau biasa disebut doughnut jam.

Selai donat yang biasa menjadi isian tersebut adalah selai strawberry atau raspberry. Saat digigit, akan tercecap selai bertekstur kental dengan rasa manis asam.
Bukan Selai Buah, Ternyata Bakery Pakai Bahan Ini Untuk Isi DonatFoto: iStock

Namun Mirror (11/10) melaporkan beberapa bakery tidak memakai selai strawberry atau raspberry asli pada donat mereka. Rahasia ini dibeberkan oleh Donut King sebuah toko donat dari Australia, yang memiliki cabang di Essex.

Baca Juga: Yummy! Donat Enak Ini Hanya untuk Mereka yang Berusia 21 Tahun

Andrew Badcock seorang Manager Umum dari Donut King menyampaikan kepada news.com.au bahwa beberapa merek donat tidak menggunakan selai asli dalam donat mereka. Sebagai gantinya mereka mengisi donat ini dengan pasta atau saus apel dengan tambahan pewarna dan pemberi aroma.

Badcock mengatakan, "Beberapa merek menggunakan pasta atau saus apel sebagai bahan utama dalam resep selai raspberry mereka. Karena kemanisan yang alami dan tanpa biji, saus apel banyak digunakan untuk menghadirkan 'tekstur yang halus dan 'jammy'."
Bukan Selai Buah, Ternyata Bakery Pakai Bahan Ini Untuk Isi DonatFoto: iStock

Ia juga menambahkan, "Banyak pelanggan cenderung menyukai tekstur yang lebih halus dan lebih konsisten dalam pilihan makanan mereka." Menurut Badcock juga kalau memakai buah yang berbiji kecil kadang membuat biji kecil itu nyangkut pada gigi dan banyak orang tidak menyukai sensasi itu.

Namun tidak semua bakery atau toko donat melakukan hal yang sama. Masih ada juga toko donat yang mengisi donat mereka dengan selai strawberry atau raspberry yang asli.

Baca Juga: Enak Jadi Teman Ngopi, Ini 10 Donat Sandwich yang Yummy

Simak Video "Resep Donat Isi Selai"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)