Menanti 40 Tahun Akhirnya Restoran di Kota Ini Dapatkan Bintang Michelin Lagi

Devi Setya - detikFood Minggu, 13 Okt 2019 13:00 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Manchester kembali dipercaya untuk menerima gelar bintang Michelin. Sebelumnya, penghargaan di dunia kuliner ini pernah didapatkan 40 tahun yang lalu.

Dikabarkan The Guardian (13/10) Manchester kembali mendapat kepercayaan berupa penghargaan bintang Michelin. Penghargaan bergengsi skala internasional ini diraih setelah sebelumnya selalu gagal mendapatkan predikat ini. Alasan utamanya karena kondisi keamanan yang buruk.

Bintang Michelin ini dinobatkan untuk Chef Simon Martin dari restoran Ancoats. Upacara penghargaan bintang ini diberikan secara meriah pada Senin malam (7/10). Atas gelar barunya ini, Chef Martin mengaku merasa senang sekaligus merasa takut gagal mempertahankannya lagi.
Menanti 40 Tahun Akhirnya Kota Ini Dapatkan Bintang Michelin Lagi Foto: istimewa

Baca juga : Liao Fan Hawker Chan Kaki Lima Berbintang Michelin Paling Murah di Dunia

"Ya, maksudku itu tekanan yang cukup besar. Saya pikir itu adalah sesuatu yang banyak orang harapkan sejak lama tetapi sungguh menakjubkan berada di sini di antara semua orang ini. Sungguh luar biasa," katanya dalam sebuah wawancara.

Dalam kesempatan ini, Chef Martin juga menceritakan bagaimana ia memulai karirnya sebagai pekerja magang. Kini Chef Martin memang sudah jago membuat aneka hidangan hits dan bisa disejajarkan dengan hidangan racikan Gordon Ramsay.

Pada bulan Agustus, kritikus Grace Dent mencatat sejauh ini Chef Martin terlihat memberikan dampak besar pada dunia kuliner khususnya di Manchester. Hal inilah yang menjadi pertimbangan para juri hingga akhirnya memutuskan untuk memberi penghargaan bintang Michelin.

Di restorannya, Chef Martin mengusung konsep dapur terbuka yang memungkinkan para pengunjung bisa melihat proses pemasakan hingga merasakan sensasi aroma dari makanan. "Kami ingin dapur menjadi bagian estetis di ruang makan, jadi kami membuatnya terbuka dan saya kira kami mengubah cara kerja di dapur," lanjut Chef Martin.
Menanti 40 Tahun Akhirnya Kota Ini Dapatkan Bintang Michelin Lagi Foto: istimewa

Kurangnya bintang Michelin telah menyebabkan beberapa kekhawatiran di Manchester. Simon Shaw, yang memiliki restoran El Gato Negro di pusat kota, mengatakan "Untuk kota seperti Manchester yang memiliki perdagangan pariwisata yang kuat, bintang Michelin pasti memiliki nilai dan sangat berpengaruh, gelar ini bukan hanya mengangkat profil restoran tetapi profil kota juga," kata Simon.

"Dari sudut pandang para ahli masak, ini adalah puncak kesuksesan. Pasti ada restoran di Manchester yang layak mendapatkannya. Kejahatan yang terjadi beberapa tahun lalu membuat Manchester dianggap tak aman."

Bukan hanya Chef Martin, di Inggris ada juga beberapa restoran yang mendapatkan bintang Michelin yakni Cottage in the Woods, Allium in Askham Hall dan Old Stamp House.

Baca juga : Restoran Sushi Milik Donald Trump Berhasil Sabet Bintang Michelin

Simak Video "Bia Paniki, Kuliner Khas Maluku yang Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/dvs)