Meski Tergolong Binatang Tiram Disebut Bisa Dikonsumsi Vegan, Kenapa?

Milla Kurniaputri - detikFood Jumat, 04 Okt 2019 15:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bagi penganut vegan tentu membatasi asupan hanya bahan makanan nabati saja. Namun kini sedang diperdebatkan, apakah tiram bisa dimakan untuk vegan?

Tiram adalah bivalvia, yang jauh lebih erat kaitannya dengan jenis kerang daripada bahan nabati. Jadi sudah pasti tiram adalah hewani. Namun muncul pertanyaan, tiram boleh dimakan untuk vegan atau tidak?

Seperti diketahui seseorang yang jalani pola makan vegan sangat menghindari makanan yang mengandung unsur hewani. Dalam menjalani kehidupan pun, mereka menghindari bentuk eksploitasi hewan. Jadi sudah pasti mereka menghindari konsumsi tiram.

Meski Tergolong Binatang Tiram Disebut Bisa Dikonsumsi Vegan, Kenapa?Foto: iStock

Namun The Guardian (27/9) melaporkan, ada seorang chef bernama Alexis Gauthier yang menjadi seorang vegan tapi tetap makan tiram. Menurutnya tidak masalah jika seorang vegan memakan tiram. Gauthier sendiri merupakan chef dari Gauthier di Soho, salah satu restoran fine dining terbaik yang ramah vegan di Inggris. Mereka memiliki sembilan hidangan vegan.

Baca Juga: Wow! Pria Ini Habiskan 480 Tiram Dalam Waktu 8 Menit

"Bagi saya, pola makan vegan pada dasarnya adalah tentang welas asih, atau sebuah rasa kasih sayang kepada hewani sehingga tidak ingin makan hewan apapun," ungkap Gauthier. Jadi menurutnya tak ada salahnya jika seorang vegan makan tiram. Karena menurut Gauthier, tiram adalah makhluk yang hidup tanpa otak atau sistem saraf yang canggih sehingga mereka tidak dapat merasakan sakit.

Meski Tergolong Binatang Tiram Disebut Bisa Dikonsumsi Vegan, Kenapa?Foto: iStock

Perdebatan tentang tiram ini memang telah berlangsung selama beberapa dekade. Jadi sudah pasti banyak pro dan kontra dalam menanggapi perdebatan ini.

Namun semua ini telah disimpulkan oleh Peter Singer, seorang ahli bioetika, bahwa dalam memakan tiram bagi seorang vegan semua tergantung pada individu masing-masing. Sebab seperti yang telah ia katakan, "Memang sulit membayangkan tiram bisa merasakan sakit. Tetapi jika Anda memiliki keraguan tentang itu, jangan memakannya."

Baca Juga: Agar Berkhasiat Tingkatkan Gairah Seks, Tiram Harus Dimakan Segar


Simak Video "Kenikmatan Hakiki! Makan Es Krim Sambil Selfie di Museum"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)