Wow! Pria Ini Habiskan 480 Tiram Dalam Waktu 8 Menit

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 07 Jun 2018 16:55 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pria ini berhasil pecahkan rekor World Oyster Eating Championship. Ia menghabiskan 40 lusin tiram atau 480 buah hanya dalam waktu delapan menit!

Walau mahal, seafood ini tetap jadi favorit banyak orang. Cara menyantap oyster umumnya hanya dengan mengucurinya dengan air lemon. Sehingga tiram yang disantap memang sengaja dalam keadaan hidup.

Karena kalau dalam keadaan sudah mati, tiram tidak lagi aman dikonsumsi. Walau dimakan hidup-hidup, tiram tidak akan merasakan apapun karena hewan laut ini tidak memiliki syaraf.

Wow! Pria Ini Habiskan 480 Tiram Dalam Waktu 8 MenitFoto: Istimewa
Karena kepopulerannya, warga New Orleans, Amerika mengadakan acara World Oyster Championship. Lebih dari 4000 tiramdipersiapkan untuk acara yang diadakan di Wildenberg Park tersebut. Ribuan tiram itu dikirim langsung dari Louisiana Selatan. Selain itu, tersedia saus pedas, bir, dan minuman segar lapor Fox News (7/6).

Baca juga: Ini 10 Lomba Makanan Paling Aneh dan Menjijikkan di Dunia

Ada tujuh peserta yang mengikuti turnamen ini. Ketujuhnya dituntut mengonsumsi tiram sebanyak-banyaknya dalam waktu delapan menit.

Wow! Pria Ini Habiskan 480 Tiram Dalam Waktu 8 MenitFoto: Istimewa
Dari tujuh peserta, Darron Breeden pemenang di acara tahun lalu juga ikut mendaftarkan dirinya kembali. Namun tahun ini Breeden hanya menempati posisi kedua dengan memakan sebanyak 27 lusin tiram atau 324 buah tiram. Posisi kedua diraih oleh Michelle Lesco dengan menghabiskan 26 lusin oyster atau 312 buah tiram.

Sedangkan sang pemenang, Tucson Arizona, berhasil menghabiskan 40 lusin tiram atau 480 buah tiram! Angka tersebut terbilang cukup fantastis. Karena hanya dimakan dalam kurun waktu delapan menit. Kontestan lain saja tidak ada yang berhasil melahap 30 lusin tiram.

Wow! Pria Ini Habiskan 480 Tiram Dalam Waktu 8 MenitFoto: Istimewa
Ketiganya juga mendapat uang tunai. Juara pertama mendapat uang sebesar $1000 (Rp 14 juta), juara kedua mendapat sebesar $500 (Rp 7 juta), dan juara ketiga mendapat uang tunai sebesar $250 (Rp 3.5 juta).

Namun Anda jangan coba-coba melahap tiram dalam jumlah banyak. Jika Anda tidak bisa memastikan tiram benar-benar segar dan bebas dari bakteri vibrio.

Pasalnya munurut Centers for Diseas Control and Prevention, AS, bakteri vibrio didapat dari makanan mentah seperti tiramr atau setengah matang dengan cara membuat luka terbuka pada tubuh.

Bakteri tersebut bahkan bisa menyebabkan kematian. Seperti yang dialami seorang wanita di Amerika bernama LeBlanc. Tak lama setelah melahap dua lusin tiram, kondisi kesehatannya menurun drastis. Setelah 21 hari berjuang melawan bakteri pemakan daging itu, LeBlanc akhirnya meninggal dunia pada 15 Oktober 2017.

Baca juga:Seorang Wanita Asal Texas Tewas Usai Makan Tiram Mentah (dwa/odi)