Ekiben, Racikan Bento Unik yang Ada di Tiap Stasiun Kereta Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 04 Okt 2019 15:15 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: iStock/Istimewa
Jakarta - Makanan bekal khas Jepang (bento) ada yang khusus disajikan di stasiun kereta. Bernama ekiben, bento ini punya sejarah panjang.

Menyebut bento pasti langsung teringat makanan bekal dari negeri Sakura. Bento berisi nasi dengan ragam lauk sesuai selera. Orang Jepang mengemas bento dalam wadah praktis sehingga mudah dibawa kemana-mana. Bento ada yang khusus disajikan di kereta dan stasiun kereta Jepang.

Bento tersebut dinamai ekiben, berasal dari kata "eki" yang berarti stasiun kereta dan "ben" berarti bento. Ekiben biasanya menjadi buruan para traveler yang lapar atau sekadar ingin mengganjal perut. Variannya pun sangat beragam.

Seiring waktu, ekiben ternyata tidak hanya berfungsi sebagai penumpas rasa lapar. Ekiben di tiap wilayah Jepang bisa menjadi souvenir sekaligus media poromosi untuk para turis yang berkunjung ke sana.

Beberapa orang bahkan sengaja mencari ekiben meski tidak sedang berpergian dengan kereta. Karena setiap stasiun kereta api di tiap wilayah punya racikan lauk berbeda. Dari ragam lauknya orang bisa tahu dari stasiun mana ekiben berasal. Berikut beberapa fakta menarik lain soal ekiben yang detikFood rangkum dari berbagai sumber. (adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com