Tanpa Campuran Pewarna, Kecap Asin di Jepang Ini Warnanya Merah!

Milla Kurniaputri - detikFood Selasa, 01 Okt 2019 08:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kecap asin biasanya berwarna hitam atau cokelat gelap, namun di Jepang kini ada kecap asin berwarna merah tanpa tambahan pewarna. Kira-kira terbuat dari apa ya?

Dilansir dari Sora News (25/9), produsen kecap asin bernama Shinsei telah menciptakan kecap asin berwarna merah. Kecap ini tetap dari bahan kedelai, namun untuk pewarnanya menggunakan pure tomat. Semua bahan ini khusus dari prefektur Kumamoto Jepang.

Tanpa Campuran Pewarna, Kecap Asin di Jepang Ini Warnanya Merah!Foto: Istimewa

Secara khusus, kecap asin dibuat dengan tambahan tomat murni yang ditanam di Yatsushiro, Prefektur Kumamoto yaitu wilayah produsen tomat top di Jepang. Selain memberikan warna yang unik pada kecap, pure tomat Hatibee ini juga menambahkan rasa segar pada saus kecap yang biasanya rasanya hanya asin.

Baca Juga: Ini Bedanya Kecap Asin, Kecap Ikan dan Kecap Manis

Kemasan kecap asin ini ialah botol kecil dan panjang. Kecap asin ini memiliki tampilan keren dan pasti sangat unik saat tersaji di meja makan.

Tanpa Campuran Pewarna, Kecap Asin di Jepang Ini Warnanya Merah!Foto: Istimewa

Bukan hanya untuk masakan tradisional Jepang seperti sushi, Shinsei merekomendasikan kecap asin merah ini untuk penggunaan lain. Misalnya bumbu untuk keju lembaran atau dicampurkan dalam tamagokake gohan alias hidangan nasi hangat plus telur mentah yang populer di Jepang.

Tanpa Campuran Pewarna, Kecap Asin di Jepang Ini Warnanya Merah!Foto: Istimewa

Kecap merah ini dinamakan Harabee Tomato Red Soy Sauce. Namun kecap ini belum beredar di semua supermarket. Untuk mendapatkannya, Anda bisa memesan di situs web Makuake, dengan harga 3.500 yen atau sekitar Rp 450 ribu. Dengan harga itu, Anda bisa mendapatkan satu set kecap asin yang berisi dua botol.

Baca Juga: Canggih! Kini Ada Kecap Asin Tanpa Warna Alias Bening Transparan


Simak Video "Puas Menjajal Rice Bowl Lidah Sapi yang Mengenyangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)