Ternyata Air Putih Bukan Cairan Terbaik Untuk Hilangkan Rasa Haus

Devi Setya - detikFood Minggu, 29 Sep 2019 08:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selama ini orang mengandalkan air putih untuk menghilangkan rasa haus. Tapi penelitian mengungkap kalau air putih bukan cairan terbaik untuk menghidrasi tubuh.

Ketika merasa haus, orang akan segera menyambar air putih untuk menghidrasi tubuh. Selama ini air putih selalu diandalkan untuk melegakan tenggorokan saat merasa dehidrasi.

Dilansir dari CNN (28/9) ternyata H2O atau air putih bukan cairan terbaik untuk meredakan rasa haus dan menghidrasi tubuh. Penelitian yang dilakukan di Universitas St. Andrew di Skotlandia membandingkan hidrasi antara air putih dengan minuman lain.
Ternyata Air Putih Bukan Cairan Terbaik Untuk Hilangkan Rasa HausFoto: iStock

Baca juga : Disarankan Ahli, Ini 5 Waktu Tepat Untuk Minum Air Putih

Para peneliti menemukan fakta bahwa cairan yang bisa menghidrasi tubuh dengan cepat adalah air yang mengandung sedikit gula, lemak atau protein. Selain cepat diserap tubuh, cairan ini juga memberi efek tak cepat haus.

Menurut Ronald Maughan, profesor di Sekolah Kedokteran St. Andrew, semakin banyak orang minum maka semakin cepat cairan diserap oleh tubuh dan membuat perut kosong. Saran terbaik adalah minum secukupnya dengan jeda waktu yang bertahap.

Maughan juga mengatakan susu termasuk cairan yang menghidrasi lebih baik dibandingkan air. Kandungan gula laktosa, protein dan lemak pada susu lebih sulit dicerna sehingga mampu menahan tubuh dari rasa haus.

Susu juga megandung natrium yang bekerja seperti spons yang menyerap air lebih banyak serta menghasilkan sedikit urin. Pada penelitian kali ini melibatkan 13 jenis minuman yang umum dikonsumsi sehari-hari.
Ternyata Air Putih Bukan Cairan Terbaik Untuk Hilangkan Rasa HausFoto: iStock

Semua jenis minuman diujicoba untukmelihat seberapa besar pengaruhnya terhadap tubuh. "Setiap minuman memberi efek yang berbeda-beda. Ada yang cepat menghidrasi namun membuat perut cepat kosong, ada juga yang menghidrasi secara perlahan namun efeknya bisa dirasakan lebih lama. Ada juga beberapa minuman yang mempengaruhi saluran pembuangan," jelas Melissa Majumdar, ahli nutrisi dan dietetika.

Intinya, baik air putih maupun minuman manis seperti jus sama-sama memiliki dampak baik dalam menghidrasi tubuh. Tinggal disesuaikan kapan waktu terbaik mengonsumsinya.

Baca juga : Selain Air Putih, Bahan Makanan Ini Juga Bisa Memberi Asupan Air

Saat tubuh sangat butuh hidrasi cepat, segera konsumsi air putih namun ketika membutuhkan hidrasi yang lama maka bisa mengandalkan segelas jus buah.

Tapi para peneliti tetap mengingatkan kandungan gula dalam jus buah. Meski menghidrasi dengan lebih baik tapi jus buah tak boleh dikonsumsi sepanjang hari layaknya mengasup air putih.

Simak Video "Warna Bening Dikira Sake, Ternyata Jus Tomat!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)