5 Kondisi Ini Bikin Kamu Sangat Haus Saat Bangun Tidur

Devi Setya - detikFood Jumat, 27 Sep 2019 06:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Saat bangun tidur, sering mulut merasa kering dan asam. Ini tandanya tubuh mengalami dehidrasi sehingga membutuhkan asupan air yang cukup.

Minum air sebelum tidur memang disarankan agar tubuh tidak kekurangan cairan. Karena selama proses tidur pun organ dalam tubuh tetap bergerak dan bekerja.

Dilansir dari Bustle (27/9) tubuh akan memberikan sinyal ketika kekurangan cairan, termasuk ketika baru bangun tidur. Berikut ini beberapa kondisi yang membuat kamu merasa sangat haus ketika bangun tidur.

1. Gaya tidur
5 Kondisi Ini Bikin Kamu Sangat Haus Saat Bangun TidurFoto: Istimewa

Menurut National Sleep Foundation, seseorang bisa saja merasa sangat haus saat bangun tidur meskipun malam harinya sudah banyak minum. Hal ini disebabkan oleh gaya tidur yang salah. Cairan dalam tubuh bisa cepat berkurang bahkan hanya lewat hebusan nafas.

Orang yang tidur dalam keadaan mendengkur memiliki potensi dehidrasi cukup tinggi. Sebagai solusi, konsumsi air putih yang cukup sesaat sebelum tidur. Ketika terbangun malam hari, usahakan juga untuk minum.

Baca juga : Kenapa Kalau Konsumsi Makanan Manis Jadi Cepat Haus Ya?

2. Berkeringat saat tidur
Banyak hal yang membuat tubuh mengeluarkan keringat berlebih saat sedang tidur. Berkeringat ketika tidur bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan fisik maupun mental.

Pikiran yang sedang gelisah akan membuat tidur tidak tenang sehingga mengeluarkan keringat berlebih. Cairan dalam tubuh sudah pasti akan berkurang drastis ketika banyak keringat yang bercucuran. Minum segelas air putih bukan hanya membantu memenuhi kebutuhan cairan tapi juga bisa memberi efek tenang.

3. Kondisi kamar yang panas
5 Kondisi Ini Bikin Kamu Sangat Haus Saat Bangun TidurFoto: ilustrasi/thinkstock

Beberapa orang memang nyaman dengan suhu kamar yang hangat, apalagi ketika suhu sedang rendah. Tapi kamar yang terlalu hangat seolah membuat Anda seperti tidur di dalam oven panas.

Semakin panas kondisi kamar maka tubuh akan merasa semakin kering. Tak heran kalau di pagi hari, Anda terbangun dengan kondisi mulut dan tenggorokan yang sangat kering. Cobalah untuk minum segelas air sebelum mulai melakukan aktivitas lain.

4. Rendahnya hormon estrogen dalam tubuh

Bagi wanita, hormon esterogen memiliki peran sangat penting. Bukan hanya berperan saat melakukan aktivitas seksual saja tetapi sebagai kontrol penyeimbang kelembaban tubuh.

Wanita yang mengalami kondisi hormon rendah lebih potensial merasa dehidrasi. "Estrogen dan progesteron memengaruhi tingkat hidrasi tubuh Anda, dan ketika keduanya mengalami ketidakstabilan, maka perlu mengonsumsi cairan lebih banyak," kata pakar kesehatan.

Baca juga : Mengasup Banyak Garam Sebenarnya Tak Bikin Haus Tetapi Memicu Rasa Lapar

5. Efek samping obat
5 Kondisi Ini Bikin Kamu Sangat Haus Saat Bangun TidurFoto: iStock

Beberapa obat-obatan memiliki efek samping yang membuat kamu merasa sangat haus ketika bangun tidur. Salah satu obat yang membuat efek ini adalah obat penenang, obat pereda nyeri dan obat tidur.

Amy Esposito mengatakan bahwa dekongestan sangat rentan menyebabkan mulut kering di pagi hari: "Obat ini berfungsi untuk mengobati hidung tersumbat, tetapi efek obat biasanya membuat semuanya kering jadi saat bangun pagi merasa sangat haus," katanya.

Simak Video "Dingin dan Creamy-nya Minuman Berbuka Matcha Latte Nangka "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)