Terlihat Mudah, Ini 5 Pengorbanan untuk Jadi Jawara Makan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 25 Sep 2019 19:00 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: Istimewa

1. Latihan super berat
Meski tak terdengar seperti cabang olahraga, para jawara makan berlatih layaknya atlet olahraga. Mereka memang tidak menjalani latihan fisik atau habiskan waktu berjam-jam di gym setiap hari, tapi ada beberapa latihan utama yang harus dijalani.

Bagi pemula, jawara makan harus menenggak berliter-liter minuman untuk membiasakan perut mereka mengonsumsi banyak makanan nantinya. Ada yang minum 9 liter cokelat susu dalam 3 menit dan ada pula yang minum 3,7 liter jus sayur dalam 1 menit setiap pagi, kira-kira sebula sebelum kompetisi makan berlangsung.

Dan karena mengonsumsi banyak makanan dalam waktu cepat adalah kunci untuk memenangkan kompetisi, jawara makan juga perlu melatih tenggorokan mereka. Caranya dengan menelan banyak makanan sekaligus tanpa tersedak. Sebagai latihan, mereka akan minum air hingga mulutnya penuh.

Ketika tubuh sudah mulai terbiasa dengan air, mereka mengunyah makanan yang lebih lembut, lalu berakhir dengan makanan yag lebih padat. Sampai pada akhirnya mereka bisa mengunyah potongan makanan besar sekaligus.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com