Diam-diam Universitas Ini Beri Makanan Gratis untuk Mahasiswa Tak Mampu

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 25 Sep 2019 14:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Demi membantu para mahasiswa yang kekurangan uang, universitas ini diam-diam berikan makanan gratis. Mereka menggunakan data dari kantin yang ada di dalam kampus.

Tingginya jumlah mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua, membuat beberapa universitas memutuskan untuk membantu para mahasiswa ini dengan cara yang unik, tapi tetap menyentuh. Salah satunya dilakukan oleh Xidian University, yang terletak di Provinsi Shaanxi, China.

Baca Juga: Kantin Ini Berikan Diskon Bagi Mahasiswa yang Hafal Puisi China
Diam-diam Universitas Ini Beri Makanan Gratis untuk Mahasiswa Tak MampuFoto: Istimewa

Dikabarkan dari Global Times (25/09), beberapa mahasiswa di Xidian University menemukan bahwa kartu untuk membeli makanan milik mereka, saldonya sudah bertambah secara misterius. Ternyata saldo ini, merupakan bentuk bantuan dari pihak universitas kepada mahasiswa tak mampu, agar mereka tetap bisa makan selama kuliah.

Tentunya pihak universitas menjaga kerahasiaan identitas mahasiswa yang menerima bantuan ini, untuk melindungi privasi dari mahasiswa tersebut.

Untuk menjalankan misi ini, pihak universitas dibantu dengan data yang mereka kumpulkan dari kantin di dalam kampus. Di mana mereka meneliti, mahasiswa mana yang paling sering membeli makanan dengan harga murah, untuk menentukan mahasiswa yang harus mereka bantu.
Diam-diam Universitas Ini Beri Makanan Gratis untuk Mahasiswa Tak MampuFoto: Istimewa

Setidaknya mahasiswa yang makan di kantin kampus sebanyak 60 kali dalam satu bulan, dan hanya membeli makanan dengan kisaran harga 5 yuan (Rp 10.000), yang akan mendapatkan bantuan.

Setelah meneliti dari data kantin, akhirnya pihak universitas memberikan subsidi dana ke dalam kartu makan milik 203 mahasiswa sebesar 720 yuan (Rp 1,425,744) per orangnya. Dana ini sudah dihitung dengan rata-rata harga makanan yang disediakan dalam kantin tersebut. Sementara sisa uang yang ada, bisa digunakan untuk biaya makan di semester berikutnya.

Program ini langsung disambut positif oleh para mahasiswa, alumni, hingga orangtua. Menurut direktur pusat bantuan di universitas ini, Lu Lin mengatakan bahwa program ini akan berlanjut di semester berikutnya.
Diam-diam Universitas Ini Beri Makanan Gratis untuk Mahasiswa Tak MampuFoto: Istimewa

Banyak netizen yang memuji universitas ini, karena menemukan cara yang lebih manusiawi untuk menyumbang orang-orang yang membutuhkan. Tapi banyak juga netizen yang mengungkapkan bahwa menggunakan data dari kantin tak terlalu akurat.

"Jika ada mahasiswa tak mampu yang tak pernah makan di kantin, bagaimana pihak universitas bisa menemukannya dan membantunya?" tanya salah satu netizen tersebut. Tapi hingga saat ini, program dari Xidian University ini masih berjalan positif.

Baca Juga: Keren! Kantin Kampus Ini Pasang Chip di Piring Untuk Membayar Makanan

Simak Video "Cute Banget, Yakin Tega Makan Korean Flower Buttercream Ini?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)